Round-Up

Kunci Persuasi dari Jokowi bagi Polri Sebab Kepentingan Rakyat Hukum Tertinggi

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 22:00 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)

Selain itu, Jokowi memberikan instruksi untuk Polri agar dapat diterapkan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri.

"Sebelum mengakhiri amanat ini, saya menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri," ujar Jokowi.

Terdapat tujuh poin instruksi yang diberikan Jokowi. Dari menjaga kehormatan dan kepercayaan masyarakat serta menerapkan sistem kerja yang transparan.

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta Polri dapat bekerja sama dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah hingga menjaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19.

Berikut ini 7 instruksi Jokowi untuk Polri:

1. Terus pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Jaga kehormatan, jaga kepercayaan, jaga kebanggaan sebagai anggota Polri.

2. Terus lakukan reformasi diri secara total, bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel, serta bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern, dan tepercaya.

3. Terus mantapkan soliditas internal, perkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat, untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

4. Terus terapkan strategi proaktif dan tindakan persuasif dan humanis, dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

5. Terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan, sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

6. Terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.

7. Harus ikut proses pemulihan ekonomi nasional, sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

Halaman

(aan/dhn)