HUT Bhayangkara Ke-74, Wali Kota Semarang Puji Kinerja Kepolisian

Faidah Umu Safuroh - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 19:32 WIB
Pemkot Semarang
Foto: Pemkot Semarang
Jakarta -

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama jajaran Forkopimda Kota Semarang menghadiri peringatan HUT ke-74 Bhayangkara di halaman Markas Polrestabes Semarang. Dalam kesempatan tersebut, wali kota yang akrab disapa Hendi itu mengucapkan selamat memperingati HUT Bhayangkara ke-74 kepada seluruh jajaran Polrestabes Semarang.

"Polri merupakan tulang punggung sebuah kota dalam menciptakan kondusifitas masyarakat. Selama 74 tahun berkiprah Polri telah berkontribusi dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Hendi dalam keterangan tertulis, Rabu (1/7/2020).

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan selamat kepada Kapolrestabes Semarang, Kombes. Pol Auliansyah Lubis, karena telah mampu mengayomi para anggota serta menciptakan kondusifitas Kota Semarang. Menurut Hendi, tema 'Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif' dalam HUT Bhayangkara kali ini sejalan dengan konsep pembangunan di Kota Semarang yaitu bergerak bersama.

"Konsep ini harus benar-benar ditumbuhkembangkan. Melihat kondisi Kota Semarang, jika hanya mengandalkan pemerintah saja pembangunan kota tidak akan berkembang dengan cepat. Untuk itu diperlukan kontribusi dari unsur-unsur lainnya. Jika kita melihat angka statistik dan tren pembangunan kota yang kian meningkat salah satunya dikarenakan masyarakatnya yang semakin kondusif, dan ini merupakan kontribusi besar dari pihak Polri khususnya Polrestabes Semarang," tandasnya.

Hal itu sejalan dengan salah satu instruksi Presiden RI, Joko Widodo, kepada Polri bahwa diperlukan inovasi dan kreatifitas dengan tetap mematuhi rambu-rambu tribrata dan catur prasetya sebagai kekuatan Polri dalam membangun wilayah NKRI serta Kota Semarang agar menjadi wilayah yang semakin aman dan kondusif. Dengan demikian investasi di Indonesia dan Kota Semarang juga akan turut meningkat.

Pihaknya juga berharap bahwa komunikasi, koordinasi, dan konsolidasi yang selama ini dilakukan terutama dalam masa pandemi ini membuat Kota Semarang semakin hebat. Dalam peringatan HUT Bhayangkara ke-74 ini, Polri memberikan program menarik bagi masyarakat. Polri menginstruksikan semua kantor pelayanan SIM setiap wilayah di seluruh Indonesia untuk memberikan bebas biaya pengurusan untuk masyarakat yang lahir pada 1 Juli.

(akn/ega)