ICW Soroti Ketua KPK Firli Rayakan HUT Bhayangkara di Gedung KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 19:14 WIB
ICW menyoroti Ketua KPK Firli Bahuri yang merayakan Hari Bhayangkara di gedung KPK (Dok. ICW)
ICW menyoroti Ketua KPK Firli Bahuri yang merayakan Hari Bhayangkara di gedung KPK. (Foto: dok. ICW)
Jakarta -

Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti Ketua KPK Firli Bahuri turut merayakan Hari Bhayangkara Ke-74 di gedung KPK. Menurut ICW, hal itu menunjukkan Firli Bahuri tidak memahami bahwa gedung KPK bukan tempat untuk merayakan hari lahir institusi tertentu.

"Yang bersangkutan juga tidak memahami bahwa gedung KPK itu dipergunakan untuk menjalani aktivitas yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi, bukan justru untuk merayakan hari lahir institusi tertentu," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangan tertulis, Rabu (1/7/2020).

Kurnia mengatakan perayaan Hari Bhayangkara di gedung KPK itu merupakan konsekuensi dari sikap Firli yang enggan mundur dari kepolisian setelah menjabat Ketua KPK. Kurnia menyebut perayaan Hari Bhayangkara di gedung KPK bakal menimbulkan persepsi negatif terhadap Firli sebagai Ketua KPK.

"Hal ini yang dikhawatirkan oleh publik. Pertama, potensi loyalitas ganda. Sebab, pada waktu yang sama, ia juga menjadi bawahan Kapolri dan juga mengabdi untuk institusi kepolisian. Kedua, rawan terjadi konflik kepentingan. Misalnya, bagaimana publik akan yakin bahwa yang bersangkutan akan objektif ketika menangani perkara korupsi yang menyentuh oknum di kepolisian?" sebutnya.

ICW memperlihatkan satu foto saat Firli berdiri di depan banner yang bertulisan 'Hari Bhayangkara Ke-74'. Firli juga terlihat sedang khusyuk berdoa dengan nasi kuning di depannya.

Ada seorang memakai seragam Polri di dekat Firli. Dalam foto itu juga terlihat sejumlah orang mengabadikan momen tersebut.

Terkait hal tersebut, Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan Firli mengikuti upacara Hari Bhayangkara ke-74 secara virtual. Dia mengatakan kegiatan serupa juga dilakukan para pejabat di kementerian/lembaga lainnya di kantor masing-masing.

"Dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara tahun 2020, Ketua KPK dan pejabat struktural yang berasal dari institusi Polri mengikuti upacara secara virtual dari gedung KPK. Upacara tersebut dilakukan dari Istana Negara yang dipimpin oleh Presiden dan dihadiri pula oleh Wapres RI. Upacara ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena mengingat wabah penyebaran COVID-19," kata Ali Fikri dalam keterangannya.

Tonton video 'Kapolri Minta Maaf Ekspektasi Masyarakat ke Polri Belum Maksimal':

(ibh/jbr)