Sejumlah Pedagang Pasar DKI Masih Pakai Kantong Plastik, Ini Kata Pasar Jaya

Muhammad Ilman Nafi - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 14:01 WIB
Penggunaan kantong plastik di Pasar Tanah Abang
Foto: Penggunaan kantong plastik di Tanah Abang (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Pedagang di Pasar Tanah Abang dan Pasar Minggu masih banyak yang menggunakan kantong plastik dalam melayani pelanggannya. Padahal, Pemprov DKI Jakarta per hari ini sudah melarang penggunaan kantong plastik.

Direktur Usaha dan Pengembangan Perumda (PD) Pasar Jaya Anugerah Esa mengaku, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke pasar-pasar. Menurutnya, sosialisasi tentang penggunaan kantong ramah lingkungan sudah disampaikan sejak tahun lalu.

"Sosialisasi dan surat edaran sudah kita lakukan dari tahun lalu," ujar Esa saat dihubungi, Rabu (1/7/2020).

Selain itu, kata Esa, pihaknya juga sudah memasang spanduk bertuliskan penggunaan larangan penggunaan kantong plastik di semua pasar yang berada di bawah pengelolaan PD Pasar Jaya. Spanduk itu dipasang di setiap pintu masuk pasar.

"Di semua pasar kita di pintu masuk juga dipasang spanduk tentang kantong belanja ramah lingkungan," katanya.

Menurutnya, pada (1/7/2020) ini merupakan masa transisi dari penggunaan kantong plastik ke kantong ramah lingkungan. Sehingga, Pasar Jaya masih terus memberikan sosialisasi kepada pedagang tentang kantong ramah lingkungan.

"Kita tetap jalankan sosialisasi ke pedagang-pedagangnya dan tetap persuasif. Ini masih transisi, tetap harus gencar dilakukan sosialisasi seperti (penggunaan) masker kemarin," ucapnya.

Lebih lanjut, Esa mengatakan, Manager Area Pasar Minggu terakhir memberi sosialisasi kepada para pedagang itu satu minggu sebelum penerapan larangan penggunaan kantong plastik. Oleh karenanya, Esa menyebut tak ada alasan bagi para pedagang tidak mengetahui aturan tersebut.

"Jadi nggak ada alasan pedagang tidak tahu," katanya.

Sebelumnya diberitakan, larangan penggunaan kantong plastik mulai berlaku hari ini. Meski begitu para pedagang di Pasar Minggu masih tetap menyediakan kantong plastik untuk pembeli.

Salah satunya pedagang sayuran bernama Siti (40), dia mengetahui adanya larangan penggunaan kantong plastik. Namun,Siti tetap menyediakan kantong plastik karena menurutnya masih banyak pembeli yang tidak membawa tas belanjaan.

"Nggak apa-apa sih sebenarnya. Tapi kasian yang beli. Yang namanya orang beli kan nggak semuanya punya lah ya. Kalau semuanya punya bisa, tapi kadang-kadang ada yang bawa ada yang enggak. Kalau saya mah disuruh pakai kantong gini saya mau-mau saja namanya peraturan kan harus diturutin. Tapi saya nggak tega dan kasian," kata Siti di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (1/7/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2