Perwira Polisi yang Jadi Petinggi Negeri Kian Panjang, Ini Daftarnya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 13:04 WIB
Capim KPK Firli Bahuri melakukan fit and proper test di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Sejumlah hal dipaparkan Irjen Firli.
Komjen Firli Bahuri yang saat ini menjabat sebagai Ketua KPK (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Perwira tinggi polisi kini banyak yang menduduki berbagai posisi strategis pemerintahan dan institusi sipil. Mulai dari menteri, pimpinan lembaga negara hingga komisaris di BUMN.

Sebagian besar dari mereka masih menjadi polisi aktif. Namun, ada pula yang telah pensiun.

Misalnya Jenderal Tito Karnavian yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kabinet Indonesia Maju dan dilantik pada 23 Oktober 2019. Sebelum diangkat jadi Mendagri, Tito saat itu masih menjabat sebagai Kapolri.

Terbaru, dua jenderal polisi yang masih aktif dilantik menjadi pejabat di Kementerian Hukum dan HAM. Dua Jenderal tersebut yakni eks Kapolda Riau Komisaris Jenderal Polisi Andhap Budi Revianto sebagai Inspektur Jenderal Kemenkumham dan Inspektur Jenderal Polisi Reinhard Silitonga yang kini menjabat sebagai Direktur Jenderal Permasyarakatan.

Banyaknya anggota Polri yang menjabat di pemerintahan pun menjadi catatan YLBHI. YLBHI menilai Polri saat ini menjadi bagian dan tanda-tanda otoritarianisme pemerintah.

"Mengembalikan Dwi Fungsi Aparat Keamanan: Polri TAP MPR No. VI/2000 juga menyasar Polri dalam mengatakan dwi fungsi mengganggu demokrasi. Setidaknya belasan anggota Polri menempati berbagai posisi di Kementerian/Lembaga Negara," tulis YLBHI dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/7/2020).

Tonton video 'Jokowi: Untuk Rakyat, Saya Bisa Bubarkan Lembaga Hingga Reshuffle!':

Berikut daftar polisi aktif maupun purnawirawan yang menjadi petinggi lembaga negara hingga komisaris BUMN:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4