Ada Pedagang Kena Corona, Pasar Tanah Abang Bakal Ditutup Per Zonasi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 20:47 WIB
Per 1 Juli 2020, Pasar Tanah Abang kembali ditutup. Hal itu terkait penemuan kasus positif virus Corona (COVID-19).
Pasar Tanah Abang Blok A (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Dirut PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, mengatakan Pasar Tanah Abang akan ditutup berdasarkan zonasi. Hal itu menindaklanjuti temuan pedagang di Blok A dan B ada yang terinfeksi Corona (COVID-19) melalui hasil swab.

"Itu zonasinya, jadi per zona (ditutup). Jadi nggak ditutup secara keseluruhan. Jadi kemarin yang diketemukan itu dari 6 yang terindikasi COVID jadi Blok A Blok B, itu tiga yang pedagang, tiga lagi karyawan swasta," kata Arief seusai rapat di Balai Kota Jakarta, Selasa (30/6/2020).

"Pak Gubernur tadi sampaikan, memang memilih antara kesehatan dengan tidak kesehatan sulitnya pasti di situ. Kita tetap melakukan nantinya protokol COVID benar-benar dipastikan. Tetapi memang penutupan (Pasar) Tanah Abang ini kita akan lakukan by zonasi," sambungnya.

Arief menjelaskan penutupan berdasarkan zonasi ini hanya dilakukan di toko tempat pedagang yang terinfeksi berjualan. Kebijakan itu diambil agar perekonomian di pasar tetap dapat berjalan.

"Jadi by zonasi itu mereka yang terindikasi diketemukan pedagangnya, klaster COVID, nah daerah situnya saja yang nanti akan ditutup. Karena itu 15 ribu pedagang gitu, yang kemudian yang terpapar kan enam, semuanya sama pengunjung. Kan itu berbanding berapa sama pergerakan ekonomi yang saat ini juga diperlukan," ujar Arief.

"Jadi kita memastikan itu tetap dilakukan penutupan, tetapi berdasarkan dari area yang memang terindikasi terpapar COVID. Karena kemarin ketika sudah di-tracing dari pedagang yang memang terpapar COVID tiga orang yang memang berinteraksi itu negatif semua," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2