Gubsu Ungkap Masalah yang Bikin 10 Ribu Kuota SMA-SMK Negeri Belum Terisi

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 16:15 WIB
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah/detikcom)
Edy berjanji pihaknya akan menyelesaikan persoalan PPDB yang terjadi ini. Dia mengaku masih menunggu laporan lengkap dari Dinas Pendidikan.

"Nanti kita lihat. Nanti Dinas Pendidikan ini, Dinas Pendidikan akan melaporkan sama saya. Sedang didata, nanti terus kita ambil langkah bagaimana," jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut mengatakan hasil PPDB untuk tingkat SMA dan sederajat telah diumumkan. Disdik menyebut adanya 10.000 lebih kuota PPDB yang belum terpenuhinya.

"Baru tadi (diumumkan). Saya lupa berapa jumlah totalnya (siswa dinyatakan lulus), yang jelas ada 10.000 lebih lagi kuota yang belum terisi," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Sumut, Alpian Hutauruk, Senin (29/6).

Sementara itu, Ombudsman Perwakilan Sumut, menyampaikan adanya laporan masyarakat terkait buruknya PPDB di Sumut. Laporan itu terkait penggunaan sistem zonasi yang masih belum baik.

"Mereka melaporkan penyelenggaraan sistem zonasi dalam PPDB tahun ini sangat kacau. Ada yang melaporkan anaknya tidak lulus. Padahal, rumahnya dekat dengan sekolah. Padahal teman anaknya yang jarak rumahnya lebih jauh, justru lulus," tutur Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar.

Halaman

(haf/haf)