Round-Up

Dua Sorotan Jokowi ke Kementerian Kesehatan: Anggaran dan Santunan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 06:21 WIB
Presiden Jokowi
Jokowi (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)

Jokowi kemudian menyentil anggaran di Kemenkes. Berdasarkan data yang diterima Jokowi, baru 1,53 persen anggaran di Kemenkes yang dikeluarkan.

"Bidang kesehatan, tuh dianggarkan Rp 75 T. Rp 75 T, baru keluar 1,53 persen coba. Uang beredar di masyarakat ke-rem ke situ semua. Segara itu dikeluarkan dengan penggunaan-penggunaan yang tepat sasaran, sehingga men-trigger ekonomi," kata Jokowi pada 18 Juni 2020.

"Pembayaran tunjangan untuk dokter, dokter spesialis, untuk tenaga medis, segera keluarkan. Belanja-belanja untuk peralatan segera keluarkan. Ini sudah disediakan 70-an triliun seperti itu," sambungnya.

Peringatan kembali disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas 'Percepatan Penanganan Dampak Pandemi COVID-19' melalui video yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (29/6/2020). Jokowi meminta agar pemberian bantuan terkait penanganan Corona hingga insentif bagi tenaga kesehatan dipercepat.

"Saya minta agar pembayaran untuk pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan COVID ini dipercepat pencairannya jangan sampai ada keluhan yang meninggal ini harus segera di... apa itu.. bantuan, santunan itu harus, mestinya begitu meninggal langsung bantuan, santunannya harus keluar," kata Jokowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3