Tertibkan TSS Selat Sunda-Lombok, Polri Kerahkan 2 Kapal dan Heli

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 20:44 WIB
Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Lotharia Latif
Foto: Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Lotharia Latif (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polri mengerahkan empat armada untuk mengawal pemberlakuan Bagan Pemisahan Alur Laut (Traffic Separation Scheme atau TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok. Pengawalan dilakukan dengan memonitor jalannya TSS, serta merespons cepat manakala terjadi gangguan di jalur TSS.

"Sementara ini kami siapkan satu kapal dan satu helikopter di masing-masing TSS. Sehingga ada satu heli dan kapal di Selat Sunda, serta satu heli dan kapal di Selat Lombok," kata Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Lotharia Latif kepada detikcom, Senin (29/6/2020).

Latif menuturkan nantinya jumlah armada akan disesuaikan dengan kebutuhan pengamanan di tiap TSS. Pihaknya juga akan menyediakan armada untuk pengamanan sesuai kebutuhan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub.

"Tapi nanti disesuaikan dengan kebutuhannya sesuai permintaan dari Dirjen Hubla," imbuh Latif.

Latif mengatakan ada 24 personel yang disiagakan di tiap kapal. Sementara itu ada 4 personel di tiap helikopter yang disiagakan untuk melakukan pemantauan lewat udara.

"Per kapal 24 orang, per heli empat orang. Patrolinya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, dan sesuai waktu yang ditentukan," ucap Latif.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2