Harimau di Aceh Ditemukan Mati Usai Mangsa 6 Kambing

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 17:03 WIB
Ilustrasi harimau (Andhika-detikcom)
Foto: Ilustrasi harimau (Andhika-detikcom)
Aceh Selatan -

Seekor harimau betina mati di wilayah Trumon, Aceh Selatan, Aceh. Bangkai harimau ditemukan sehari setelah satwa itu memangsa enam ekor kambing milik warga.

"Bangkai harimau ditemukan pagi tadi. Penyebabnya masih diselidiki," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto, kepada wartawan, Senin (29/6/2020).

Agus mengatakan sehari sebelumnya petugas Seksi Konservasi Wilayah 2 dan Resor Konservasi Wilayah 16 Trumon mendapat laporan adanya hewan ternak milik warga diduga dimangsa harimau. Petugas juga telah datang ke lokasi untuk melakukan pengecekan.

Di sana ditemukan jejak tapak harimau tak jauh dari enam bangkai kambing. Beberapa bangkai kambing yang ditemukan areal perkebunan warga itu sudah tidak utuh.

Tim seksi konservasi wilayah 2 bersama mitra lalu memasang kamera trap di beberapa titik di lokasi untuk mengetahui pergerakan harimau. Petugas juga melakukan patroli.

Menurut Agus, pagi tadi sekitar pukul 06.35 WIB, petugas datang ke lokasi untuk mengambil data kamera trap. Saat itulah tim menemukan seekor harimau mati di sekitar lokasi.



Petugas BKSDA serta polisi lalu mengamankan bangkai harimau. Belum diketahui penyebab kematian satwa dilindungi tersebut.

"Untuk mengetahui penyebab kematiannya, saat ini tim dokter hewan yang terdiri dari BKSDA Aceh, FKL, dan PKSL Unsyiah sedang menuju ke lokasi untuk melakukan nekropsi," jelas Agus.

(agse/haf)