Viral Dangdutan di Wisma Atlet, Kakesdam: Tidak Lama, Saya Bubarkan

Tiara Aliya - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 07:31 WIB
Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur untuk penangan Corona atau COVID-19. Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, akan dijadikan rumah sakit darurat dan rumah isolasi pasien.
Wisma Atlet Kemayoran (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Viral sebuah video yang memperlihatkan sejumlah tenaga kesehatan (nakes) tengah joget dangdutan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) Jaya Kolonel CKM Donny Guntur menegaskan acara itu tidak berlangsung lama.

"Iya memang kan (sudah diatur) jaga jarak cuman akhirnya kita bubarkan kan. pokoknya kalau nggak bisa jaga jarak kita sampaikan untuk segera bubar memang ya bubar, waktunya pendek," kata Donny kepada detikcom, Senin (29/6/2020).

Donny mengatakan bahwa panitia telah mengatur sedemikian rupa agar acara tetap berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun, kata Donny, saat itu para nakes sangat antusias ketika mendengarkan musik.

Sehingga kadang mereka terlihat berkerumun dalam acara itu, lupa akan protokol kesehatan arena terlalu asyik.

"Sebenarnya kita sudah ingatkan tapi anak-anak patuh juga sih cuman kadang-kadang ada musik lupa yah musik itu kan, di sini orangnya stressnya tinggi ya, kita kan mencoba anak-anak itu kan berbulan-bulan, satu bulan full di sini nggak keluar dari Wisma Atlet gitu, jadi dengar musik sedikit saja sudah senang itu. Sebenarnya kita nggak mau sampai berlebihan ya, ya memang sudah kita tata kita sampaikan dengan protokol kesehatan," ungkapnya.

Donny menegaskan kerumunan itu hanya sesaat. Mengetahui adanya kerumunan, ia langsung memerintahkan komando lapangan untuk membubarkan acara.

"Terlanjur asik tapi tidak terlalu lama, kita kan mengontrol. memang kita kan ada yang ngecek. dan kopla (komando lapangan) juga saya perintahkan ini dibubarkan, kan memang acara sudah selesai jadi kita bubarkan cuman terlanjur ada (video)," lanjutnya.

Acara dangdutan itu diketahui merupakan perpisahan para pejabat dan tenaga kesehatan yang dipindahtugaskan. Acara itu digelar Sabtu (27/6) pukul 16.00-18.00 WIB di halaman Wisma Atlet dekat tower menginap nakes.

"Nama acara nggak ada karena hanya pamitan beberapa pejabat yang sudah bertugas sejak awal berdiri RSD dan sekarang mendapat jabatan baru atau mutasi jabatan," kata Donny.

Tonton juga video 'Rhoma Irama Tunda Konser di Bogor Demi Hormati Aturan Pemerintah':

(eva/eva)