Freddy Numberi: Papua Ab Initio Milik Indonesia

Sudrajat - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 23:19 WIB
Mantan Gubernur Irian Jaya Freddy Numberi
Laksamana Madya Freddy Numberi, Gubernur Irian Jaya April 1998 - 15 April 2000 (Foto: Andhyka Akbariansyah)

Lasdya (Purn) Freddy Numberi, tokoh senior PapuaLaksamana Madya Freddy Numberi, Gubernur Irian Jaya April 1998 – 15 April 2000 (Foto: dokumentasi 20detik)

Jakarta perlu membangun suatu kepercayaan kembali (trust building), agar Orang Asli Papua (OAP) lebih percaya kepada pemerintah Indonesia dibandingkan para oknum "provokator" yang menjanjikan Papua merdeka. Karena mereka tidak memahami substansi sejarah awal keresidenan Papua secara benar dan bijak.

Integrasi politik / nasional, pada hakekatnya bersifat dinamis dan selalu mengikuti arus perubahan sosial apalagi di era globalisasi dewasa ini. Dengan demikian masalah Papua tidak bisa dipandang sebagai sesuatu yang "taken for granted" (terima apa adanya) tetapi butuh perubahan mindset (cara berfikir) dan way of acting (cara bertindak) baik di Jakarta maupun masyarakat Papua sendiri dalam menilai perkembangan yang ada sebagai suatu keniscayaan untuk meraih Indonesia yang lebih aman, damai, adil, sejahtera, demokratis dan menghormati HAM sesuai harapan Presiden Jokowi.

Selama ini Papua juga sudah meraih banyak kemajuan termasuk "privilege" sebagai daerah Otonomi Khusus sesuai Undang-Undang Nomor.21 tahun 2001, namun pelaksanaannya oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, belum sesuai harapan masyarakat Papua. Di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi - Ma'ruf Amin, diharapkan dapat membuat Road Map untuk menyelesaikan masalah-masalah di Papua secara permanen dan tuntas sebagai suatu legacy bagi tanah Papua.

* Laksamana Madya Freddy Numberi, Gubernur Irian Jaya April 1998 - 15 April 2000, pernah menjadi Menteri Perhubungan, Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara

Halaman

(jat/eva)