Promosikan UMKM, Pertamina Rilis Buku Katalog Mitra Binaan Unggulan

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 15:01 WIB
Pertamina
Foto: Dok Pertamina
Jakarta -

Pertamina merilis buku 'Pertamina SME 1.000' yang berisi katalog produk dari para mitra binaan unggulan. Buku tersebut dibuat untuk mempromosikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Pertamina.

"Buku katalog ini berfungsi sebagai media promosi yang cukup lengkap tentang beragam profil mitra binaan, produk unggulan serta metode pemasaran atau pemesanannya," ungkap Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan tertulis, Minggu (28/6/2020).

Fajriyah menerangkan buku katalog dilengkapi foto dan narasi seputar UMKM mitra binaan Pertamina. Konten dalam buku tersebut diharapkan menggugah konsumen untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk, membeli, dan memakai produk UMKM.

"Buku katalog ini juga berfungsi sebagai media pertukaran informasi antar mitra binaan dalam memenuhi kebutuhan dalam berwirausaha atau business matching," kata Fajriyah.

Ia menambahkan, Pertamina memiliki sejumlah program khusus untuk mendukung UMKM bangkit selama masa pandemi COVID-19, di antaranya pinjaman dana bergulir hingga pelatihan penjualan produk di masa pandemi.

PertaminaFoto: Pertamina

Di samping itu, lanjut Fajriyah, Pertamina memberdayakan UMKM mitra binaan untuk menjadi pemasok produk kebutuhan bantuan Pertamina Peduli. Langkah tersebut dilakukan untuk menambah pemasukan mitra binaan.

Sejauh ini, nilai penjualan produk mitra binaan yang disalurkan Pertamina Peduli mencapai Rp 5,49 miliar, melibatkan 176 UMKM mitra binaan Pertamina dan 420 UMKM RKB Pertamina yang tersebar di seluruh Indonesia.

(akn/ega)