Tambang Batu Bara Ilegal di Bukit Soeharto Kaltim Digerebek, 1 Jadi Tersangka

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 17:43 WIB
Penambangan batu bara ilegal di kawasan Tahura Bukit Soeharto, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, digagalkan pihak terkait. Sejumlah orang ditangkap.
Penambangan batu bara ilegal di kawasan Tahura Bukit Soeharto, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, digagalkan pihak terkait. (Foto: dok. Istimewa)

Kasus ini bermula dari laporan masyarakat mengenai adanya aktivitas penambangan ilegal di kawasan Tahura Bukit Soeharto. Tim gabungan dari SPORC Brigade Enggang Balai Gakkum Wilayah Kalimantan dan Polhut Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur pun langsung menindak ke lokasi.

"Kurang lebih pukul 21.45 Wita, tim menghentikan aktivitas penambangan yang berada di dalam kawasan Tahura Bukit Soeharto itu. Tim mengamankan para pelaku dan barang bukti dan menyerahkannya kepada penyidik di kantor Balai Gakkum Wilayah Kalimantan untuk proses lebih lanjut," ujarnya.

Penyidik akan terus mendalami keterlibatan pihak lain dalam kasus ini. KLHK berserta aparat terkait akan berkolaborasi untuk pengembangan kasus ini.

"Penyidik masih mengembangkan kasus ini untuk mengungkap keterlibatan pihak-pihak lain dalam aktivitas penambangan batu bara ilegal di kawasan Tahura Bukit Soeharto," ucapnya.

"Keberhasilan penanganan kasus ini tidak terlepas dari kerja sama sinergis yang telah terjalin dengan baik antara Balai Gakkum Wilayah Kalimantan, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur, dan Polresta Samarinda," sambungnya.


(idh/idh)