Saran MUI Medan agar Terhindar dari Makanan 'Berpenglaris': Jangan Asal Embat

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 19:35 WIB
Sempat Viral, Pedagang Cuanki Disebut Ludahi Mangkuk di Jakbar Diklarifikasi
Foto: screenshot video pedagang bakso meludahi dagangan
"Ya sebenarnya sih tidak ada amalan-amalan. Cuma ya kita itu perlu tetap berhati-hati. Kita umat Islam ini dalam mengkonsumsi sesuatu perlu ya benar-benar memperhatikan unsur-unsur kehalalan. Dengan demikian, kita tidak--bahasa Medan itu--jangan asal embat aja. Perlu diperhatikan betul-betul. Dan kemudian di situlah fungsi daripada selama ini MUI memberikan bimbingan dan kemudian sertifikat halal," ucap Hatta.

Sebelumnya, polisi kembali melakukan pemeriksaan mendalam terhadap pedagang bakso cuanki yang disebut meludahi makanannya di Kembangan, Jakarta Barat. Dalam pemeriksaan itu, pedagang bernama Windra Suherman ini akhirnya mengakui telah meludahi bakso cuanki tersebut.

Kepada polisi, pelaku mengaku telah meludahi bakso cuanki untuk penglaris. Pelaku mendapatkan perintah 'ritual' itu dari guru spiritualnya di Jawa Barat.

"Pelaku meludahi mangkuk bakso tersebut sesuai dengan amalan/ajaran yang dipelajari pelaku dari gurunya yang bernama Joko (guru spiritual/dukun) pada saat berada di kampungnya, daerah Jawa Barat, kurang-lebih 1 minggu yang lalu," kata Kapolsek Kembangan Kompol Imam Irawan.

Halaman

(haf/tor)