Viral Nelayan Tangkap Ikan Pari Air Tawar Raksasa di Sumsel, Begini Ceritanya

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 13:29 WIB
poster
Ilustrasi viral media sosial. (Edi Wahyono/detikcom)
Palembang -

Penemuan sosok ikan pari air tawar raksasa di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, membuat geger warga dan viral di media sosial. Kepala desa setempat menjelaskan cerita soal penemuan ikan tersebut.

Berdasarkan video yang dilihat detikcom, Kamis (25/6/2020), terlihat ikan pari raksasa itu diangkat warga dengan posisi ditarik tambang. Warga di sekitar sudah mulai berkumpul di tepian Sungai Musi.

Setelah ikan diangkat, warga kembali berkerumun. Ikan pari dibentangkan oleh warga di halaman rumah jadi tontonan di Desa Rantau Keroya Lais, Musi Banyuasin.

"Benar ada penemuan ikan pari air tawar di perairan Sungai Musi. Ditemukan pagi tadi pukul 09.00 WIB oleh nelayan," kata Kepala Desa Rantau Keroya Lais, Almiyadi.

Screenshot unggahan viral ikan pari air tawar raksasa ditangkap warga di SumselScreenshot unggahan viral ikan pari air tawar raksasa ditangkap warga di Sumsel



Ikan pari ditemukan saat tersangkut jaring nelayan yang airnya tengah surut. Dibutuhkan 10 orang untuk mengangkat 1 ekor ikan pari dari perairan yang keruh itu.

"Kondisi air keruh, surut. Jadi ikan pari itu tersangkut di alat tangkap ikan nelayan di sana. Di angkat sama 10 orang dan untuk bobot ikan sekitar 100 kg lebih," katanya.



Ikan pari air tawar sendiri, lanjut Almiyadi, memang sering ditemukan nelayan perairan Sungai Musi. Hanya, bobot ikan yang ditemukan tidak lebih dari 2 kg.

"Nelayan sering dapat ikan pari jenis yang seperti itu. Itu air tawar dan biasanya 1 kg atau paling besar 2 kg," katanya.

Video ikan pari air tawar raksasa kini viral di media sosial. Terlihat punggung ikan berwarna gelap kehitaman, sementara di sisi bawah berwarna putih cerah.

(ras/haf)