Ada Tambahan Logo 'Bangga Buatan Indonesia' untuk HUT Ke-75 Kemerdekaan RI

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 10:21 WIB
Logo Bangga Buatan Indonesia untuk HUT ke-75 Kemerdekaan RI (Foto: Screenshot SE Mensesneg)
Logo 'Bangga Buatan Indonesia' untuk HUT Ke-75 Kemerdekaan RI (Foto: Screenshot SE Mensesneg)
Jakarta -

Tema hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI pada Agustus 2020 adalah 'Indonesia Maju'. Kini, ada penyempurnaan dengan tambahan logo 'Bangga Buatan Indonesia'.

Penyempurnaan tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno melalui surat edaran (SE) bernomor B-456/M.Setneg/Set/TU.00.04/06/2020 tertanggal 23 Juni 2020 dengan hal Penyempurnaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020.

"Penyempurnaan dimaksud adalah penambahan logo Bangga Buatan Indonesia untuk digunakan sebagai satu kesatuan dengan logo Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020," tulis Mensesneg.

Dalam SE itu, Mensesneg meminta para menteri, pimpinan lembaga, hingga kepala daerah menyosialisasi tema dan logo HUT ke-75 Kemerdekaan RI di lingkungan kerja. Dalam SE itu juga dijelaskan makna tema 'Indonesia Maju'.

"Indonesia Maju adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan Indonesia," demikian penjelasan dalam SE itu.

Pada HUT tahun ini, pemerintah juga menggunakan logo khusus. Logo itu dijelaskan terinspirasi oleh simbol perisai dalam lambang Garuda Pancasila. Logo Kemerdekaan RI 75 tahun tersebut juga bermakna kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia.

Selain menyosialisasi tema dan logo, Pratikno meminta pimpinan lembaga hingga kepala daerah memasang dekorasi HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada awal Juli mendatang. Permintaan ini tertuang dalam SE Nomor B-457/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020.

Dalam SE itu, para menteri, pimpinan lembaga, perwakilan RI di luar negeri, Polri, TNI, dan kepala daerah diminta memasang umbul-umbul, dekorasi, atau hiasan lainnya secara serentak sejak 1 Juli hingga 31 Agustus 2020. Mereka juga diminta mengibarkan bendera Merah Putih pada 1-31 Agustus 2020.

(mae/imk)