PMKS Meninggal Tanah Abang, Protokol COVID-19 Dijalankan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 20:11 WIB
Poster
Ilustrasi Pasien Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Seorang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) meninggal di dekat pos pantau Dinas Perhubungan di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pihak Puskesmas Tanah Abang, menyebut PMKS tersebut menunjukkan gejala mirip virus Corona (COVID-19).

"Autopsi verbal saja sih, ada gejala mengarah ke sana (Corona), jadi kita perlakukan sesuai (kasus meninggal) COVID-19," ucap Kepala Puskesmas Tanah Abang, Sari Ulfa, saat dihubungi, Selasa (23/6/2020).

Informasi soal gejala Corona, lanjut Sari, disampaikan oleh istri PMKS tersebut. Jenazah dievakuasi dengan protokol kesehatan untuk pencegahan Corona dan dibawa ke RS Cipto Mangunkusumo.

"Kalau nggak salah sesak napas, batuk. Saya kurang ini, karena ada kesimpulan autopsi verbal mengarah ke sana," jelas Sari.

"Karena PMKS, ditemukan di jalan, kan nggak tahu juga selain itu. Tapi, karena ada gejala, ya, protokol COVID (diterapkan) dari kita," ujarnya.

Saat ini, istri dari PMKS tersebut sedang isolasi mandiri di GOR Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Petugas pun telah melakukan tes swab kepada dia.

"Dia diisolasi di GOR Karet Tengsin, Tanah Abang, sampai hasil (swab) keluar," kata Sari.

(aik/aud)