Sebaiknya Dihindari, Ragam Makanan Ini Bisa Picu Maag Kambuh

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 11:01 WIB
Ayam Goreng
Foto: Shutterstock
Jakarta - Memiliki gangguan maag yang suka kambuh tiba-tiba mengharuskan penderita untuk menjaga pola makanan teratur. Selain harus makan tepat pada waktunya, ternyata ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari. Mengonsumsi makanan pedas, makanan cepat saji, dan makanan asam dapat berisiko bagi kesehatan lambung dan memicu maag kambuh.

Makanan pedas, cepat saji, dan asam dalam jumlah yang berlebihan disebut dapat meningkatkan asam lambung sehingga menyebabkan maag. Dilansir dari berbagai sumber, berikut alasan mengapa ketiga makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja.

Makanan Pedas

Dilansir dari Livescience, banyak dokter mengira awalnya makan makanan pedas dapat menyebabkan maag atau tukak lambung. Padahal, makanan ini bukanlah menjadi penyebab utama maag, tetapi mengonsumsi makanan pedas dalam porsi banyak lah yang dapat memperburuk kesehatan lambung.

Pemicu utama tukak lambung atau maag sebenarnya adalah bakteri helicobacter pylori yang menempel pada lapisan perut. Bakteri ini mengeluarkan enzim pelindung untuk melindungi dari asam pencernaan yang dihasilkan lambung. Berkembangnya bakteri inilah yang menyebabkan maag, Kemudian saat mengonsumsi makanan pedas, kondisi lambung pun jadi semakin memburuk sehingga menyebabkan sakit.

Makanan Cepat Saji

Saat sibuk, makanan cepat saji atau junk food sering sekali dijadikan pilihan di saat telat makan. Padahal, makanan cepat saji sangat khas dengan kandungan lemak yang cukup banyak. Makanan cepat saji umumnya merupakan makanan yang digoreng dan berlemak tinggi.

Melansir Bright Side, kadar kolesterol tinggi yang ditemukan dalam makanan yang digoreng dan berlemak tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko gastritis. Selain itu, mengonsumsi junk food berlebihan juga dapat menyebabkan obesitas dimana dapat meningkatkan risiko maag.

Makanan Asam

Makanan asam dapat meningkatkan asam lambung di perut. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari terlalu banyak makanan yang tinggi asam seperti jeruk, lemon, limau, dan jeruk bali, apalagi mengonsumi makanan tersebut dalam kondisi perut kosong. Pasalnya, hal tersebut dapat memperburuk kondisi perut hingga menyebabkan maag.

Itu lah beberapa makanan yang perlu Anda hindari jika memiliki maag. Mengonsumsi ketiga makanan tersebut sebenarnya sah-sah saja jika hanya secukupnya. Selain itu pastikan juga untuk konsumsi POLYSILANE secara teratur saat maag kambuh. POLYSILANE merupakan obat maag yang mengandung Alumunium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida yang dapat menetralkan asam lambung dengan cepat.

Tak hanya itu, kandungan Simethicone dalam POLYSILANE juga efektif mengurangi gas berlebih pada lambung sehingga POLYSILANE juga bisa digunakan meredakan kembung. Memiliki rasa mint yang manis tanpa rasa kapur, POLYSILANE terasa segar di mulut nyaman di perut tanpa menimbulkan rasa mual.

Untuk mencegah maag kambuh, cukup konsumsi POLYSILANE 1-2 tablet/sendok teh untuk POLYSILANE cair, dan konsumsi 3 hingga 4 kali sehari sebelum atau sesudah makan. (prf/ega)