Menlu Ungkap 8,7 Juta Orang di Dunia Kena Corona, Bicara Kerja Sama Vaksin

Elza Astari Retaduari - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 18:08 WIB
Menlu Retno Marsudi menerima tim penjemput 238 WNI di Wuhan, China, yang terdiri dari kru kabin, teknisi, pilot Batik Air dan tim pendahulu atau aju.
Foto: Retno Marsudi. (Agung Pambudhy/detikcom).

Dalam kesempatan itu, Retno juga melaporkan soal capaian Indonesia yang terpilih menjadi anggota Dewan Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Council/Ecosoc) PBB periode 2021-2023 dari Kelompok Asia-Pasifik. Pemilihan berlangsung tertutup di markas PBB pada 17 Juni waktu setempat.

"Dengan dukungan Bapak/Ibu, alhamdulillah Indonesia telah terpilih sebagai anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB atau Ecosoc periode 2021-2025. Dalam kurun waktu 3 tahun berturut-turut diplomasi Indonesia telah mengantarkan Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan PBB 2019-2020, kemudian anggota Dewan HAM PBB 2020-2022, dan sekarang Dewan Ekonomi dan Sosial PBB," tutur Retno.

Kemlu pun mendapat apresiasi dari Komisi I DPR. Seperti yang disampaikan oleh anggota Komisi I DPR dari Fraksi PAN, Farah Puteri Nahlia.

"Saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada Kementerian Luar Negeri karena Indonesia kembali terpilih menjadi anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, ini sudah ke-12 kalinya dan saya kira dengan terpilihnya Indonesia menjadi UN Ecosoc ini memiliki arti penting," ucap Farah.

Hal senada juga disampaikan oleh anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKB Abdul Kadir Karding.

"Selamat atas dipercayanya kita sebagai anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB," ujar Karding.

Halaman

(elz/jbr)