Wabup Sujiwo Ingin Mengundurkan Diri, Ini Respons Bupati Kubu Raya

Adi Saputro - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 17:57 WIB
Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo tidak hadir saat rapat pleno pemekaran lima desa di DPRD Kubu Raya (Adi Saputro/detikcom)
Foto: Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo tidak hadir saat rapat pleno pemekaran lima desa di DPRD Kubu Raya (Adi Saputro/detikcom)
Kubu Raya -

Wakil Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sujiwo ingin mengundurkan diri. Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, enggan mengomentari banyak perihal pernyataan wakilnya itu.

"Kita masih fokus penanganan COVID-19 setelah new normal dan persoalan ke depan masih banyak yang dihadapi masyarakat. Soal itu, saya enggan berpolemik, dan ini tidak diperpanjang," ujarnya singkat, di Gedung DPRD Kubu Raya, usai rapat pleno pembahasan pemekaran 5 desa, Senin (22/6/2020).

Sementara itu, Ketua DPRD Kubu Raya Agus Sudarmansyah, mengatakan sikap PDIP sejak awal sangat jelas, tidak menghendaki Sujiwo, salah satu kadernya sekaligus pengurus inti DPD, terpaksa menanggalkan jabatannya. Jabatan ini baru diembannya selama satu tahun empat bulan.

"Sikap partai jelas sejak awal, kita tidak menghendaki Sujiwo mundur. Saya juga secara pribadi berupaya mediasi, usulan yang Jiwo sampaikan ke partai, belum disetujui. Jadi perintah partai untuk dilakukan mediasi. Usulan Pak Jiwo ke PDIP, belum disetujui," tegas Agus Sudarmansyah di ruang kerjanya.

Agus mengatakan, surat pengunduran Sujiwo secara resmi telah diterima oleh tujuh partai pengusung. Namun, surat itu belum ditindaklanjuti.

"Surat pengunduran diri sudah diterima, tapi kita pending, dan kita terus berupaya mediasi agar daerah kondusif agar bisa berkontribusi bagi daerah, bagi semua pihak, persoalan ini bukan antarbupati dan wakil bupati tetapi semua elemen di Kabupaten Kubu Raya. Kita mediasikan dulu ketemu Pak Muda dan Pak Jiwo dalam konteks partai pengusung, kita bicarakan dan temukan agar keduanya bisa ketemu," terangnya.