Jokowi Teken Perpres, RI Buka Kedutaan Besar di Kamerun

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 11:24 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi meneken Perpres Nomor 69/2020 tentang Pembukaan KBRI untuk Kamerun. (Foto: ANTARA Foto/Pool/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta -

Indonesia akan membuka kedutaan besarnya di negara Kamerun, Afrika. Pembukaan kedubes RI untuk Kamerun berlandaskan Perpres Nomor 69 Tahun 2020.

Dilihat detikcom di situs Kementerian Sekretariat Negara, Senin (22/6/2020), Perpres Nomor 69 Tahun 2020 ditetapkan di Jakarta tanggal 8 Juni oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). KBRI akan berkedudukan di ibu kota Kamerun, Yaounde.

"Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Negara Republik Kamerun berkedudukan di Yaounde, Kamerun," tulis pasal 3 ayat (1) Perpres Nomor 69/2020.

Perpres menjelaskan, wilayah akreditasi KBRI untuk Kamerun meliputi wilayah Republik Kamerun dengan wilayah akreditasi rangkapan mencakup Republik Chad, Republik Guinea Ekuatorial, Republik Gabon, Republik Kongo, dan Republik Afrika Tengah.

Penetapan kebutuhan jumlah dan jenis jabatan pada KBRI untuk Kamerun diatur dengan Peraturan Menteri Luar Negeri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Biaya yang diperlukan untuk KBRI Kamerun dibebankan pada APBN.

"Ketentuan lebih lanjut mengenai susunan organisasi dan tata kerja serta tugas, fungsi, jenjang jabatan pada Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Negara Republik Kamerun diatur dengan Peraturan Menteri Luar Negeri setelah mendapat persetujuan dari menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang aparatur negara," tulis pasal 6 Perpres.

(dkp/fjp)