Round-Up

Variasi Penampakan Gerhana Matahari di Penjuru Negeri

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 07:17 WIB
Foto kombo fenomena gerhana matahari cicin yang terlihat di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/12/2019). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/foc.
Foto ilustrasi (Antara Foto)
Jakarta -

Berbagai negara mengalami gerhana matahari cincin pada Minggu (21/6) kemarin. Indonesia kebagian gerhana matahari sebagian. Penampakan gerhana bervariasi di penjuru negeri.

Gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi. Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

Gerhana matahari cincin bakal terlihat di Indonesia sebagai gerhana matahari sebagian. (Dok BMKG)Gerhana matahari cincin bakal terlihat di Indonesia sebagai gerhana matahari sebagian. (Dok BMKG)

Berdasarkan keterangan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah yang terlewati jalur gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 adalah Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, dan Cina.

Gerhana matahari cincin juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia, Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara. Adapun sebagian kawasan Samudera Pasifik dapat mengamati gerhana matahari sebagian.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3