Di Kota Palopo, Masyarakat Antusias Menanti Gerhana Matahari

Muhammad Riyas - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 19:04 WIB
Pengamatan gerhana matahari di Palopo Sulsel. (M Riyas/detikcom)
Pengamatan gerhana matahari di Palopo Sulsel. (M Riyas/detikcom)
Palopo -

Fenomena gerhana matahari telah mengundang rasa penasaran beberapa warga Kota Palopo. Mereka mendongakkan kepala ke arah matahari, mencoba mengamat-amati apakah gerhana matahari.

Antusiasme masyarakat nampak di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Minggu (21/6/2020) sore.

Beberapa warga datang sejak sore pukul 15.00 di jalan lingkar, Kota Palopo. Mereka mengaku mendapatkan informasi dari media sosial terkait fenomena gerhana matahari yang akan terlihat di wilayah Luwu Raya, khususnya Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Salah satunya Fitri Pute yang datang bersama tiga orang rekannya untuk melihat fenomena gerhana matahari cincin.

"Iye, Saya sama teman teman liat informasi di media sosial kalau gerhana matahari kemungkinan kelihatan daerah Luwu Raya termasuk Palopo, meskipun katanya Luwu Utara yang lebih jelas. Siapa tahu beruntung bisa lihat gerhana matahari cincin," Ucapnya.

Sementara itu, Tim detik.com yang coba mengambil gambar video di wilayah jalan Lingkar, Kota Palopo, sempat mengabadikan dengan kamera handphone dengan zoom 6 kali, dengan menggunakan mode gelap, pada pukul 15.52 Wita. Sayang sekali, hasilnya tidak maksimal.

Berdasarkan informasi, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Wilayah Palopo kebagian gerhana matahari sebagian pada pukul 15.36 Wita hingga 17.17 Wita. Durasi gerhana terjadi selama 1 jam 40 menit. Magnitudo gerhana adalah 0,240.

Tonton video 'Durasi Gerhana Matahari Sebagian Terlama di Indonesia Terjadi di Sabang':

(dnu/dnu)