Warga Bengkulu Saksikan Gerhana Dalam Ember Berisi Air

Hery Supandi - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 17:35 WIB
Warga Bengkulu Saksikan Gerhana di dalam Ember berisi Air
Foto: Hery Supandi/detikcom
Jakarta - Sejumlah warga di Bengkulu memiliki cara unik saat menyaksikan gerhana matahari cincin, salah satunya dengan melihat fenomena alam tersebut di dalam ember yang berisikan air. Cara ini dianggap paling aman agar tidak memiliki efek buruk dengan melihat secara langsung.

Sementara pada saat gerhana matahari cincin lalu Benteng Malabroug, yang merupakan benteng peninggalan Inggris, dijadikan sebagai tempat warga Bengkulu menyaksikan GMC, saat ini tempat tersebut terlihat sepi akibat pandemi COVID-19. Akhirnya warga Bengkulu menyaksikan GMC cukup dari tempat tinggal mereka.

Seorang warga Kecamatan Singgaran Pati, Kota Bengkulu, Risa, menyaksikan GMC di halaman rumahnya dengan cara yang cukup unik, yaitu memakai ember yang diisi air. Wadah air inilah yang dijadikan tempat melihat GMC.

"Kalau melihat secara langsung bisa merusak mata, makanya pakai wadah ember berisi air," ungkap Risa, Minggu (21/6/2020).

Risa mengatakan momen melihat GMC ini telah ditunggunya sejak dulu karena pada waktu GMC lalu dirinya tidak bisa melihat karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Sejak pandemi ini, aktivitasnya lebih banyak di rumah dan bisa melihat GMC.

"Meski hanya setengah tapi sudah cukup puas, tadi agak tertutup awan sedikit," ujar Risa.

Risa mengaku lebih aman menggunakan wadah ember daripada melihat secara langsung.

Sementara itu, Kepala BMKG Kepahyang Bengkulu Litman mengatakan GMC di Kota Bengkulu terlihat pada kontak awal pukul 14.48 WIB dan kontak akhir pada pukul 15.11 WIB tapi hanya terlihat setengah.

"GMC di Bengkulu hanya bisa diamati setengah dan tertutup sebagian oleh awan," jelas Litman. (dwia/dwia)