Viral Penumpang KRL Ketiduran dan Terkunci dalam Gerbong, Begini Ceritanya

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 09:56 WIB
Pihak Comuter Line menerapkan physical distancing di gerbong kereta. Para penumpang harus menjaga jarak satu dengan lainnya.
Ilustrasi KRL (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Cerita seorang penumpang KRL viral di media sosial. Penumpang itu ketiduran hingga terjebak di dalam rangkaian kereta dan tidak bisa keluar karena kereta sudah selesai beroperasi dan semua pintu terkunci. Bagaimana ceritanya?

Penumpang itu bernama Abdul. Dia awalnya naik KRL dari stasiun Manggarai tujuan stasiun akhir Bekasi. Abdul mengaku dirinya ketiduran di dalam kereta sehingga tidak mengetahui ketika keretanya telah sampai di tujuan akhir.

"Nih aku naik stasiun tujuan akhir Bekasi dan emang mau turun di sana. Aku terakhir lihat petugas itu di stasiun Buaran kalau nggak salah, nah setelah itu ketiduran dan pakai earphone. Sebelum ketiduran pun kereta tinggal menyisakan 1-2 orang," kata Abdul ketika dikonfirmasi, Minggu (21/6/2020).



Abdul menyebut peristiwa itu terjadi pada Sabtu (20/6) sekitar pukul 10.00 WIB. Dia merasa tidak ada yang membangunkannya ketika kereta sudah sampai di tujuan akhir. Ketika terbangun, Abdul kaget karena dirinya sudah terkunci di dalam kereta.

Abdul berupaya menelepon call center KCI hingga menekan tombol emergency, tapi tidak ada jawaban. Setelah 20 menit berada di dalam kereta, beruntung ada petugas yang mengecek kereta. Dia pun mencoba mengetuk pintu kereta sampai petugas tersebut melihatnya.

"Entah bagaimana ceritanya nggak ada yang bangunin saya. Pas melek kok udah sepi, seketika panik. Langsung telepon call center KCI nggak diangkat, refleks pencet tombol emergency yang nyambung ke masinis. Eh 20 menit nggak ada yang nyaut," ujarnya.

Alhasil, ketika petugas itu melihat, Abdul diarahkan untuk berjalan ke gerbong ujung. Dia pun berhasil keluar.

"Selang sekian menit ada petugas controlling di peron ketok jendela dan nyuruh saya berjalan ke gerbong paling ujung untuk dibantu keluar," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, pihak KCI membenarkan peristiwa itu. VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan penumpang itu terjebak di kereta Jakarta Kota-Bekasi dengan nomor KA 1444.

"Seorang pengguna KRL KA 1444 (Jakarta Kota-Bekasi) masih berada di dalam rangkaian hingga beberapa menit setelah kereta tersebut sampai di stasiun Bekasi pada pukul 21.39 WIB," katanya.

Tonton juga video 'Anies-Bima Arya Tinjau Bus Gratis Tujuan Jakarta di Stasiun Bogor':

(eva/imk)