Gelar Haul Ke-50 Sukarno, Rachmawati: Beliau Penyambung Lidah Rakyat

Rahel NC - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 19:50 WIB
Rachmawati Soekarnoputri menggelar haul ke-50 untuk Presiden ke-1 Sukarno.
Rachmawati Soekarnoputri menggelar haul ke-50 untuk Presiden ke-1 RI Sukarno. (Rahel Narda C/detikcom)
Jakarta -

Putri Presiden ke-1 RI Sukarno, Rachmawati Soekarnoputri, menggelar acara haul ke-50 untuk ayahnya. Rachmawati mengatakan Sukarno atau juga dikenal dengan Bung Karno adalah penyambung lidah rakyat.

Acara digelar mulai pukul 17.00 WIB di kediaman Rachmawati di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (20/6/2020). Hadir juga Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani di lokasi.

"Dan yang kita ketahui juga Bung Karno adalah... dan beliau sendiri menyatakan, 'Saya lebih senang kalau saya dikatakan sebagai penyambung lidah rakyat'," kata Rachmawati di lokasi.

Rachmawati mengatakan sosok Sukarno tidak bisa dipisahkan dari sejarah bangsa Indonesia. Bung Karno juga merupakan founding father Indonesia.

"Tentu saja, bagi bangsa Indonesia, nama Bung Karno tidak bisa dihilangkan dari sejarah berdirinya sejarah Republik Indonesia. Beliau adalah sebagai bapak pendiri bangsa, the founding fathers kita, dan juga sebagai penggali Pancasila. Sebagaimana kita ketahui, Pancasila sebagai dasar negara kita merupakan filosofi dasar negara kita Indonesia merdeka," ujar Rachmawati.

Tampak juga, acara haul dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Para pengunjung mengenakan masker saat melantunkan doa.

Dalam acara haul tersebut, Rachmawati juga memberikan sembako kepada anak-anak yatim-piatu. Usai pembacaan doa, acara pun dilanjutkan dengan ramah tamah.

(dkp/dkp)