UPK Monas Siapkan Protokol Kesehatan: Kunjungan Anak-anak Dibatasi

Kadek Melda L - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 23:06 WIB
Suasana kawasan Monumen Nasional (Monas) yang ditutup untuk umum saat pandemi COVID-19 di Jakarta, Jumat (17/4/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.
Monas (Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto)
Jakarta -

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monumen Nasional (Monas) Irfal Guci mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan protokol kesehatan apabila Monas akan dibuka kembali. Irfal menyebut pihaknya akan membatasi jumlah ibu hamil dan anak-anak yang berkunjung ke Monas.

"Sudah kami siapkan protokol kunjungan. Tinggal menunggu arahan kapan boleh buka saja. Mudah-mudahan ada kepastian setelah berakhirnya PSBB (pembatasan sosial berskala besar) transisi," kata Irfal melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (19/6/2020).

Dalam rekaman video yang didapat detikcom, Irfal menyampaikan prosedur kesehatan yang sudah disiapkan. Terdapat lima poin aturan yang wajib dilakukan oleh masyarakat saat berwisata ke Monas.

"Hal-hal yang harus diperhatikan dalam kunjungan ke Monas adalah sebagai berikut: pertama, pengunjung harus menjaga jarak atau social distancing. Kedua, pengunjung berkewajiban memakai masker. Ketiga, setiap pengunjung akan dicek suhu tubuhnya. Keempat, setiap pengunjung yang ingin masuk harus mencuci tangan terlebih dahulu," ungkapnya.

"Selanjutnya, UPK Monas juga melaksanakan pembatasan jumlah kunjungan. Artinya, yang boleh masuk ke Monas dibatasi hanya seperempat dari rata-rata jumlah kunjungan normal," sambung Irfal.

Irfal menjelaskan poin terakhir dalam protokol kesehatan untuk dapat mengunjungi Monas adalah jam operasional. Dia menyampaikan Monas nantinya hanya akan dibuka selama 9 jam per hari.

"Kelima, dilakukan juga pembatasan jam operasional kunjungan ke Monas, yang biasanya dari pukul 8 pagi sampai pukul 10 malam, sekarang dibatasi dari pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore," ucapnya.

Lebih lanjut Irfal mengatakan, nantinya juga akan ada pembatasan kriteria pengunjung. Selain itu, pihaknya akan menerapkan alur kunjungan.

"Untuk sementara waktu kami juga melakukan pembatasan kunjungan ke Monas bagi ibu-ibu hamil, lansia, dan anak-anak. Agar kunjungan ini bisa berjalan efektif, kami juga sudah mempersiapkan alur kunjungan bagi setiap pengunjung yang ingin datang ke Monumen Nasional," pungkasnya.

(zak/zak)