Antisipasi Pasokan Saat Pandemi, Warga Makassar Buat Keramba Ikan-Ladang

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 22:20 WIB
Warga Makassar Swadaya Bangun Keramba Ikan
Warga Makassar secara swadaya membangun keramba ikan (Foto: Dok. Istimewa)
Makassar -

Warga Kelurahan Tello Baru, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, secara swadaya membangun keramba ikan nila dan ladang sayur. Langkah itu ditempuh warga untuk pasokan pangan tambahan pada masa sulit pandemi COVID-19.

"Sengaja keramba ikan nila dan ladang sayur dibangun di sini karena kita ingin membantu pasokan pangan yang jadi kebutuhan warga sehari-hari. Kami perlu saling mendukung, terutama karena di saat sekarang ini lagi ada wabah COVID-19," ujar Bhabinkamtibmas Tello Baru Bripka Kazim kepada wartawan, Jumat (19/6/2020).


Keramba ikan dan ladang sayur tersebut dibangun di area bantaran Sungai Tello. Kini tanaman sayur itu sudah bisa dipanen warga.

"Untuk sayur-mayur di sini sudah bisa kita, hampir," kata Kazim.

Kazim mengklaim menginisiasi warga agar ladang sayur dan keramba ikan itu dibangun di bantaran Sungai Tello. Dia menyebut hal itu karena kemudahan pasokan air.

"Kebetulan Kapolsek Panakkukang kasih arahan begitu ke saya, bagaimana lokasi di area bantaran Sungai Tello di sini bisa difungsikan, diberdayakanlah," katanya.

Kazim menjelaskan daya tahan pangan warga menjadi nomor satu di saat-saat sulit seperti sekarang ini. Alhasil, warga memutuskan membuat ladang sayur dan keramba ikan nila tersebut.

"Pendirian lumbung pangan ini hasil rembukan warga di Kelurahan Tello Baru," sebut Kazim.

Kazim mengaku senang karena bantaran Sungai Tello yang kini dipenuhi keramba ikan kini tak hanya membantu pasokan pangan warga. Area itu kini juga kerap dikunjungi hingga menjadi kampung wisata, khususnya bagi warga setempat.

"Lokasi ini memang strategis, makanya dipilih jadi tempat keramba ikan karena bisa sekalian menjadi pilihan wisata bagi warga sekitar," pungkas Kazim.

(maa/maa)