Jenguk ke RSPAD, KSAD Pastikan Tanggung Perawatan Istri Pengawal Bung Karno

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 20:27 WIB
istri pengawal bung karno, elizabeth koesno, KSAD Jenderal Andika Perkasa jenguk istri pengawal bung karno
KSAD Jenderal Andika saat menjenguk istri pengawal Bung Karno, Oma Koesno. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

KSAD Jenderal Andika Perkasa menjenguk istri pengawal Presiden RI pertama Sukarno, Elizabeth Koesno. Jenderal Andika memerintahkan jajarannya di RSPAD Gatot Soebroto mengurus Oma Koesno hingga pulih dari penyakitnya.

Menurut cucu Oma Koesno, Roland Anziano, Jenderal Andika datang siang tadi sekitar pukul 13.30 WIB. Andika datang bersama istrinya, Hetty Andika Perkasa, beserta rombongan dari TNI AD.

Roland pun mengirimkan video saat Jenderal Andika membesuk Oma Koesno. Ia berharap Oma Koesno, yang baru saja berulang tahun ke-90, segera sehat.

"Pokoknya Oma harus tetap sehat. Pokoknya di RSPAD, sudah, kita semua yang nanggung," ujar Andika seperti dilihat dari video Roland yang dikirim ke detikcom, Jumat (19/6/2020).

Andika berjanji pihaknya akan mengantar Oma Koesno pulang jika sudah sembuh. Tim TNI AD menjemput Oma Koesno dengan ambulans VVIP ketika akan dibawa ke RSPAD, pekan lalu.

"Kan waktu datang kita jemput, pulang pun kita antar sampai tuntas, harus," tegas Andika.

Oma Koesno merupakan janda almarhum Serma R Koesno, salah seorang pengawal Bung Karno. Kisah Oma Koesno viral setelah sang cucu mem-posting kisahnya di media sosial. Ini lantaran keluarga Oma Koesno tak mampu membeli korset untuk Oma Koesno yang menderita tulang retak akibat jatuh pada Januari lalu.

istri pengawal bung karno, elizabeth koesno, KSAD Jenderal Andika Perkasa jenguk istri pengawal bung karnoOma Elizabeth Koesno memegang foto Serma Koesno saat bersama Bung Karno (Foto: dok Istimewa)

Andika lalu menanyakan sedikit tentang Serma Koesno semasa hidupnya. Rupanya Serma Koesno dan Jenderal Andika sama-sama berasal dari Blitar, Jawa Timur. Sementara itu, Oma Koesno adalah keturunan Belanda yang lahir di Purworejo, Jawa Tengah.

"Inilah, legend...," kata Jenderal Andika.

Setelah mendapat penjelasan soal riwayat kesehatan Oma Koesno dari tim RSPAD, Jenderal Andika pun pamit. Andika dan istrinya juga memberikan bantuan uang sebelum beranjak pergi.

Pihak keluarga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Jenderal Andika yang sejak awal concern terhadap nasib Oma Koesno yang sakit. Jenderal Andika-lah yang memerintahkan agar tim RSPAD bergerak membantu penyembuhan Oma Koesno.

Roland juga mengungkapkan hari ini Oma Koesno mendapat hadiah berupa foto-foto lama suaminya yang diperbesar dan dibingkai oleh anggota Fraksi PDIP DPR Saderestuwati (Estu). Beberapa foto yang diperbesar itu di antaranya adalah foto Serma Koesno dengan Bung Karno. Kemudian juga ada foto Serma Koesno bersama putra-putri Bung Karno, Megawati Soekarnoputri dan Guntur Soekarnoputra, ketika mereka masih kecil.

"Iya, sama Ibu Estu kemarin datang dipinjam buat di-afdruk. Foto Ibu Mega kecil dan Pak Guntur sama Bu Estu juga dikasih ke Ibu Mega," ucap Roland kepada detikcom.

Kondisi Oma Koesno kini sudah lebih baik setelah mendapat perawatan dari RSPAD. Hanya, masih ada beberapa perawatan yang harus dijalani hingga bisa pulang ke rumah.

Seperti diketahui, Oma Koesno mendapat pertolongan dari TNI AD, yang langsung diperintahkan oleh KSAD Jenderal Andika Perkasa. Selain itu, Oma Koesno dibantu oleh Menhan Prabowo Subianto.

Presiden Joko Widodo juga turut memberikan bantuan kepada Oma Koesno. Kemudian putri dan cucu Bung Karno, Megawati Soekarnoputri serta Puan Maharani, turut mengirimkan bantuan lewat utusannya.

Beberapa tokoh juga datang menjenguk Oma Koesno, di antaranya Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi.

(elz/aud)