Penderita Maag? Yuk Hindari Terlalu Banyak Konsumsi 3 Minuman Ini

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 11:02 WIB
Kurangi minum kopi
Foto: Shutterstock
Jakarta - Gangguan lambung atau maag kambuh secara tiba-tiba memang sering mengganggu apalagi di tengah-tengah kesibukan. Umumnya kebanyakan orang menyangka sakit maag datang dikarenakan telat makan atau makan makanan yang pedas. Padahal, maag juga bisa dipicu karena minuman yang dikonsumsi.

Melansir Healthline, minuman seperti alkohol, kopi, dan soda memiliki kandungan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Bahkan, jika dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan, ketiganya dapat mengiritasi perut. Berikut penjelasan mengapa alkohol, kopi, dan soda perlu dikonsumsi secukupnya saja.

Alkohol

Selain dapat membuat mabuk, alkohol ternyata juga dapat memicu sakit maag. Alkohol pada umumnya menyebabkan maag dengan mengiritasi lapisan lambung dan merusak sel-sel yang bersentuhan dengannya. Jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu lama, alkohol dapat mengganggu produksi ion bikarbonat alami yang melindungi sel-sel perut. Tanpa adanya ion pelindung, zat asam dapat mengubah membran seluler sel lambung sehingga lapisan sel terkikis.

Kopi

Seperti yang diketahui, kopi juga mengandung asam yang juga berpengaruh terhadap pencernaan. Namun, kadar keasaman dalam kopi tentunya berbeda-beda. Kopi hitam biasanya memiliki kadar asam yang lebih tinggi. Selain itu, kopi juga mengandung kafein yang juga bisa meningkatkan produksi asam pada lambung. Oleh karena itu, hindari minum kopi yang memiliki kadar asam dan kafein yang tinggi.

Soda

Minuman soda berkarbonasi dapat sedikit mengubah tingkat pH di dalam tubuh. Selain itu, kandungan aspartame atau pemanis buatan juga bisa menyebabkan masalah bagi usus. Mengkonsumsi soda terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti iritasi usus, seperti kram perut, sembelit, serta maag.

Sebagai penderita maag, ada baiknya kamu menghindari untuk terlalu banyak mengonsumsi minuman tersebut. Saat maag datang, pastikan juga untuk selalu minum obat maag yang aman dikonsumsi bagi lambung.

POLYSILANE merupakan obat maag yang bisa meredakan gejala kelebihan asam lambung, gastritis, tukak usus, tukak lambung, bahkan kembung sekalipun. POLYSILANE mengandung Aluminium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida, sehingga bisa dengan cepat menetralkan asam lambung.

Adanya kandungan Simethicone pada POLYSILANE juga efektif mengurangi gas berlebih pada lambung penyebab perut kembung. Berbeda dengan obat maag lainnya, POLYSILANE hadir dengan rasa mint yang manis tanpa rasa kapur.

POLYSILANE hadir dalam dua varian, POLYSILANE Tablet Kunyah dan Polysilane Cair. Untuk mencegah maag kambuh, cukup konsumsi POLYSILANE 1-2 tablet/sendok teh untuk POLYSILANE cair, dan konsumsi 3-4 kali sehari sebelum dan sesudah makan.

(prf/ega)