Gempa M 4,4 di Sabang, Warga Sempat Berhamburan Keluar Rumah

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 20:39 WIB
gempa bumi
Ilustrasi gempa (Foto: iStock)
Banda Aceh -

Warga Sabang, Aceh, berlarian ke luar rumah saat terjadi gempa bumi bermagnitudo 4,4. Goyangan gempa dirasakan sekitar 10 detik.

"Gempa terjadi dua kali. Tapi yang pertama guncangannya terasa lebih kuat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Sabang, M Amin, saat dihubungi detikcom, Kamis (18/6/2020).

Menurutnya, warga berhamburan ke luar rumah saat gempa pertama terjadi pada pukul 17.56 WIB. Gempa terasa lebih kuat di wilayah Keunekai.

"Hentakan gempa pertama terasa sekitar 10 detik. Gempa kedua tidak terasa karena warga sudah beraktivitas lagi," jelas Amin.

Tim BPBD saat ini sedang berpatroli ke wilayah pesisir. Untuk sementara, belum ada laporan kerusakan terkait gempa tersebut.

"Gempa hari ini alhamdulillah tidak ada apa-apa. Tidak berdampak apa-apa," ujarnya.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa di Kota Sabang terjadi sebanyak tiga kali dalam waktu sejam. Pertama pukul 17.56 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,4. Gempa kedua pukul 18.08 WIB bermagnitudo 4,0.

Sedangkan gempa terakhir terjadi pukul 18.52 WIB bermagnitudo 3,3. BMKG menginformasikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

(agse/jbr)