Pandemi Corona, KPU Targetkan 77,5% Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 14:29 WIB
Ketua KPU Arief Budiman meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan. Ia diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PAW anggota DPR.
Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

KPU akan menggelar Pilkada 2020 pada Desember dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat. KPU menargetkan jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 sebanyak 77,5 persen.

"Target yang ingin kami capai masih sama dengan sebelumnya 77,5 persen," kata Ketua KPU Arief Budiman, di kantornya, yang disiarkan secara live di akun Facebook KPU RI, Kamis (18/6/2020).

Arief menegaskan sejatinya pelaksanaan Pilkada di masa pandemi tidak berbeda dengan pelaksanaan pemilu sebelumnya. Namun untuk meningkatkan minat pemilih untuk memakai hak pilihnya harus dijamin protokol kesehatan dengan ketat.

"Sebetulnya tidak ada hal yang berbeda yang kita lakukan dalam pemilu kali ini dengan pemilu sebelumnya cara dan hal lain itu sama, tapi keyakinan publik itu harus dibangun bahwa melaksanakan aktivitas di masa pandemi selama protokol kesehatan dijalankan dengan ketat, dengan baik, maka tidak ada yang perlu ditakutkan untuk beraktivitas menggunakan hak pilihnya," kata Arief.

"Itulah kenapa KPU memberikan pelayanan tata cara pelaksanaan pemilihan kepala daerah ini dengan prioritas kesehatan dan keselamatan bagi semua, bagi penyelenggara, dan peserta maupun pemilih," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2