Teken Perpres 67/2020, Jokowi Beri Panduan Penghargaan ke Pejuang Disabilitas

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 10:07 WIB
Presiden Jokowi, Panglima TNI, dan Gubernur DKI Anies Baswedan meninjau persiapan kesiapan New Normal di Stasiun MRT
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2020. Dalam Perpres itu, Jokowi memberikan panduan untuk memberikan penghargaan bagi perorangan atau perusahaan yang memperjuangkan hak penyandang disabilitas.

Perpres itu bernama Peraturan Presiden tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian, Penghargaan dalam Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Perpres ini merupakan perintah Pasal 141 UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"Pemberian penghargaan bertujuan untuk memotivasi orang perseorangan, badan hukum, lembaga negara, dan penyedia fasilitas publik dalam mewujudkan penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupan," demikian bunyi Pasal 2 Perpres 67 Tahun 2020 yang dikutip detikcom, Kamis (18/6/2020).

Penghargaan itu diberikan oleh pemerintah pusat dan pemda. Penghargaan diberikan kepada orang perseorangan, badan hukum dan lembaga negara, serta penyedia fasilitas publik. Bentuk penghargaan berupa lencana, trofi, piagam, dan penghargaan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2