Round-Up

Ingin Jerat Babi Justru Dapat Kucing Emas Cotopuma Temminckii

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 06:59 WIB
Kucing Emas terjerat perangkap babi di Agam.
Foto: Kucing Emas terjerat perangkap babi di Agam. (Dok Istimewa).

"Sekarang kita obati dulu. Kita akan lihat perkembangan dan nunggu instruksi dari pimpinan terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap satwa ini," jelas dia.

Jerat tersebut dipasang dua hari lalu untuk menjebak babi hutan. Namun, saat warga mengecek perangkap, malah kucing emas tersebut yang terjerat.Warga menyebut, kucing emas cukup sering ditemui di kawasan itu.

Seekor Kucing Emas Asia (Catopuma temminckii) liar berada di salah satu garasi rumah warga di Desa Masjid, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Senin (12/3). Keberadaan kucing emas liar yang digolongkan salah satu satwa Near Threatened (hampir terancam) tersebut di permukiman warga, diduga karena tekanan perburuan dan hilangnya habitat. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/ama/18.Seekor Kucing Emas Asia (Catopuma temminckii) (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Kucing emas merupakan satu dari 9 jenis kucing hutan. Dari sisi ukuran, kucing emas sedikit lebih kecil dibanding macan dahan dan lebih besar dibanding kucing kampung.

Kucing emas merupakan hewan liar yang bisa berburu. Jika keberadaannya terusik atau terganggu, sangat mungkin kucing dapat menyerang.

Lembaga internasional untuk konservasi alam (IUCN) yang berfokus menangani hewan-hewan terancam punah menyatakan bahwa kucing emas berstatus Near Threatened atau rentan punah.


(jbr/jbr)