Awas! Terlalu Sering Konsumsi Vitamin C Bisa Picu Asam Lambung

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 11:03 WIB
Maag
Foto: shutterstock
Jakarta - Memasuki new normal, anjuran untuk menjaga kesehatan termasuk mengkonsumsi vitamin C terus diimbau oleh pemerintah. Virus COVID-19 memang menjadi hal yang dikhawatirkan belakangan ini. Akibatnya, banyak masyarakat yang menjadi takut, sehingga mengkonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi. Mengkonsumsi vitamin C dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus dan penyakit, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat memberi efek terhadap pencernaan.

Dilansir dari Healthline, dosis vitamin C yang dianjurkan untuk diminum adalah.15-75 mg untuk anak-anak, 75 mg-990 mg untuk orang dewasa dan maksimalnya 2.000 mg per hari. Jika dikonsumsi lebih dari dosis, dapat membuat produksi asam lambung meningkat sehingga menimbulkan maag. Bahkan, kelebihan vitamin C juga bisa mengakibatkan gangguan pencernaan lainnya seperti mual, kram perut, dan diare. Agar terhindar dari sakit maag saat konsumsi vitamin C, berikut beberapa sumber vitamin C yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Jus Jeruk

Jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik untuk dikonsumsi. Untuk nutrisi vitamin C harian, Anda bisa mengonsumsi ¾ gelas jeruk atau setara 177 ml. Dengan begitu, Anda sama saja mengonsumsi vitamin C sebanyak 93 mg.

Kiwi

Selain jeruk, kiwi menjadi pilihan lain yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi vitamin C dalam tubuh. Jika ingin mengkonsumsi kiwi, Anda cukup menyiapkan ½ gelas kiwi atau setara 90 gram. Setiap 90 gram kiwi, Anda berarti telah mengkonsumsi vitamin C sebanyak 64 mg.

Stroberi

Selain lezat, ternyata stroberi juga menjadi sumber vitamin C yang baik untuk dikonsumsi. Cukup konsumsi ½ gelas atau 72 gram stroberi setiap hari. Dengan begitu, tubuh Anda telah mengkonsumsi sebanyak 49 mg vitamin C.

Nah, itulah beberapa sumber vitamin C yang baik untuk dikonsumsi setiap harinya. Pastikan untuk mengonsumsi sesuai dosis harian agar asam lambung di dalam perut tidak meningkat. Jika memiliki gangguan asam lambung atau sakit maag kambuh, teraturlah minum POLYSILANE.

POLYSILANE merupakan obat maag dan anti kembung yang nyaman di lambung. Dengan Aluminium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida, POLYSILANE mampu meredakan gejala kelebihan asam lambung, gastritis, tukak usus, tukak lambung, serta kembung. POLYSILANE hadir dalam dua pilihan, yaitu POLYSILANE Tablet Kunyah dan POLYSILANE Cair. Dengan rasa mint yang manis, POLYSILANE tentunya terasa segar di mulut nyaman di perut.

Untuk meredakan maag yang kambuh, konsumsi Polysilane secara teratur 1-2 tablet atau 1-2 sendok teh untuk POLYSILANE cair dikonsumsi 3 hingga 4 kali sehari sebelum atau sesudah makan. Namun, jika Anda memiliki gangguan maag sejak lama, pastikan untuk konsumsi POLYSILANE secara teratur. (akn/ega)