Viral 'Bola Api Santet' Jatuh di Depok, Polisi Duga Lampion Terbang

Matius Alfons - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 16:42 WIB
Bola api raksasa meledak di atas Samudera Atlantik
Foto Ilustrasi (BBC Magazine)
Depok -

Kemunculan sebuah bola api jauh di langit kawasan Curug, Bojongsari, Depok, viral di media sosial. Beberapa netizen mengaitkan bola api itu dengan santet. Berbeda dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), pihak kepolisian punya dugaan lain.

Terkait hal itu, Kapolresta Depok Kombes Azis Andriansyah mengatakan pihaknya pernah menyelidiki kasus serupa yang muncul pada tahun lalu.

"Biasanya malam 1 Syura. Ada kepercayaan masyarakat bahwa itu semacam benda gaib, namun pada tahun baru yang lalu setelah diselidiki ternyata lampion terbang," jelas Kombes Azis dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (15/6/2020).

Hal senada diungkap Kapolsek Sawangan Kompol Suprasetyo. Suprasetyo mengatakan 'bola api' sempat muncul di kawasan Sawangan seminggu setelah Lebaran.

"Kita juga belum tahu, tetapi satu minggu setelah Lebaran itu juga ada, tapi itu lampion," kata Suprasetyo.

"Ya kan itu ada asapnya, bisa lampion, bisa ini, makanya kita belum tahu. Kalau lampion kan kita harus cari tahu dulu siapa yang buat," sambungnya.

Lebih lanjut, Suprasetyo mengimbau masyarakat tidak menyebarkan hal-hal yang dapat menimbulkan keresahan. Warga juga diimbau tidak mempercayai hal-hal yang belum jelas kebenarannya.

"Saya kira mari kita jaga dari yang membuat resah, jangan mudah percaya," kata Suprasetyo.

Selanjutnya
Halaman
1 2