Dinkes Aceh: 5 Pasien Corona di Lhokseumawe Tertular dari Transmisi Lokal

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 15:08 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Banda Aceh -

Dinas Kesehatan Aceh mengatakan lima pasien baru positif Corona di Lhokseumawe tertular dari transmisi lokal. Kelimanya merupakan keluarga dekat pasangan suami-istri (pasutri) yang sudah lebih dulu dinyatakan positif COVID-19.

"Benar lima pasien kemarin itu termasuk penularan dari transmisi lokal," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif saat dimintai konfirmasi, Senin (15/6/2020).

Kelima pasien baru tersebut merupakan anak, ipar, serta mertua dari pasien MS (42) dan DL (41). Usai pasutri tersebut dinyatakan positif Corona, tim gugus tugas pencegahan COVID-19 Lhokseumawe melacak keluarga pasien.

Dari sejumlah orang yang diperiksa swab, lima di antaranya dinyatakan positif Corona. Hasil pemeriksaan swab tenggorokan mereka yang dilakukan di Balitbangkes Aceh di Siron, Aceh Besar, keluar pada Sabtu (13/6).

"Berhubung sudah mulai adanya penularan lokal ini, kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan. Kalau tidak mau ikut, bukan tidak mungkin kita akan bisa seperti beberapa provinsi di Pulau Jawa," jelas Hanif.

Selanjutnya
Halaman
1 2