Round-Up

Bantuan Jokowi untuk Istri Ajudan Bung Karno yang Terbaring Sakit

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 07:12 WIB
Istri pengawal Presiden pertama RI Sukarno, Elizabeth Koesno (Oma Koesno).
Foto: Istri pengawal Presiden pertama RI Sukarno, Elizabeth Koesno (Oma Koesno). (Dok. IStimewa)

Serma Koesno yang merupakan salah satu pengawal pertama Bung Karno tersebut meninggal dunia pada 1998. Karena dianggap berjasa oleh negara, suami Oma Elizabeth itu dimakamkan di TMP Kalibata.

Roland pun menunjukkan foto-foto saat Serma Koesno masih bekerja sebagai ajudan Sukarno. Selain berfoto bersama Bung Karno, terlihat momen Koesno bersama anak-anak Bung Karno, seperti Megawati Soekarnoputri dan Guntur Soekarnoputra.

Keluarga Oma Elizabeth sempat terdampak pandemi virus Corona (COVID-19). Roland dan istrinya kesulitan mencari nafkah untuk menghidupi keluarga. Bukan hanya Elizabeth, Roland juga mengurus ibundanya yang sudah berusia 63 tahun.

"Kami ngontrak. Pas sebelum ada wabah COVID, walau susah, nggak sampai separah ada COVID. Karena terkena dampak COVID, saya dan istri tiga bulan tidak bisa bekerja," ucap Roland.

Bahkan Roland pun sampai menjual beberapa barangnya di rumah termasuk peninggalan Koesno untuk bertahan hidup. Oma Elizabeth seharusnya mengenakan korset khusus, namun karena pihak keluarga tak mampu membelinya, kini Oma Elizabeth bungkuk.

"Tadinya saya kumpulin uang buat beli. Karena ada wabah COVID, kami jadi parah keadaan. Sampai jualin barang-barang di rumah termasuk peninggalan almarhum Opa buat bertahan hidup. Karena saya tidak pakein Oma korset selama ini, jadinya tulang punggung Oma jadi melengkung, bongkok. Dan tiap malam kesakitan sampai nangis, apalagi kalau obat pereda nyeri habis," tutur Roland.

Awalnya Roland membagikan kisah neneknya lewat Instagram. Ia me-mention sejumlah pihak, termasuk TNI dan Menhan Prabowo. Adapun asisten pribadi Prabowo, Dhani Wirianata, memberikan tanggapan. Dhani menginformasikan kepada pihak Kementerian Pertahanan (Kemenhan), sehingga jajaran Prabowo itu datang untuk memberi bantuan.

"Saya posting minta bantuan karena kondisi saya terkena dampak COVID tiga bulan ini. Jadi Oma kesakitan dan saya tidak bisa beli korset khusus yang sampai pundak karena mahal. Sespri Pak Menhan Dhani Wirianata hubungi saya," jelas Roland.

Halaman

(yld/yld)