Wagub DKI Akui Potensi Penyebaran Corona Naik Saat Transisi, Ini Imbauannya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 14 Jun 2020 13:32 WIB
Wagub DKI A Riza Patria (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Wagub DKI A Riza Patria (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengecek persiapan pembukaan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, di masa PSBB Transisi. Riza juga berbicara soal peningkatan interaksi warga di tengah masa transisi PSBB DKI.

Pantauan detikcom, Minggu (14/6/2020), Riza tiba di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, pukul 11.30 WIB didampingi Wali Kota Jakarta Timur M Anwar, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani, serta Dirut Pasar Jaya Arief Nasrudin. Riza, yang mengenakan kemeja putih beserta masker dan face shield, memulai pengecekan dengan menyambangi lantai dasar Pasar Jatinegara, Jakarta Timur.

Hampir di setiap sudut pasar tersedia hand sanitizer. Selain itu, di pintu masuk pasar terdapat petugas yang selalu siap melakukan pengecekan suhu. Riza mengunjungi kios sayuran dan daging di pasar Jatinegara. Ia pun sempat berdialog dengan sejumlah pedagang.

"Ibu, ini Pak Riza. Selama PSBB selalu buka, Bu, warungnya?" tanya Riza kepada pedagang sayuran. "Buka terus, Pak," jawab pedagang itu.

Dalam kesempatan ini, Riza menyebutkan, di masa PSBB transisi, interaksi antar-warga pun akan meningkat. Hal ini, kata Riza, disebabkan karena adanya pelonggaran pembukaan beberapa fasilitas umum yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta secara bertahap.

"Apa yang harus dipahami? Yang pertama adalah di masa PSBB transisi itu interaksi warga itu meningkat karena ada pelonggaran, ada pelonggaran berarti interaksi meningkat, orang-orang ke luar rumah meningkat, unit-unit kegiatan dibuka. Itu artinya potensi bersentuhan, potensi penyebaran itu meningkat," kata Riza setelah meninjau kesiapan pembukaan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur.

Riza mengimbau agar masyarakat berhati-hati dalam melakukan kegiatan selama masa PSBB transisi ini. Sebab, terdapat aturan yang berbeda apabila dibandingkan dengan PSBB sebelumnya.

"Untuk itu, sesungguhnya di masa PSBB transisi ini harus lebih hati-hati dibandingkan PSBB 1, 2, 3. Kalau PSBB 1, 2, 3 kita ada di rumah. Sekarang di PSBB keempat masa transisi ini warga yang sehat diberi kesempatan ke luar untuk ke kantor, untuk beribadah, ke mal, ke pasar, tempat-tempat rekreasi," ujarnya.

Masyarakat pun diminta untuk memahami potensi penyebaran COVID-19 di masa transisi ini. Selain itu, Riza bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta telah membuat regulasi yang bersifat holistik.

"Ada potensi penyebaran maka protokol COVID-nya harus betul-betul dipahami, dipatuhi, dan ditaati, dan seluruh warga disiplin. Pak gubernur, kami semua bersama jajaran, telah membuat berbagai regulasi yang komprehensif holistik yang menyeluruh, telah hadirkan aparat-aparat dari pengelola, dari Satpol PP, Dishub, TNI, Polri," jelasnya.

Tonton video 'Gelombang Kedua Corona, Gambaran 'Nikmati' New Normal Seenaknya':

(gbr/gbr)