Solusi 'NIK Tak Ditemukan' di PPDB Jakarta: Daftar Sebagai Warga Luar DKI

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 18:46 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

Warga Jakarta lulusan sekolah luar DKI hendak mendaftar sekolah di provinsinya sendiri. Namun, ketika mengajukan akun penerimaan peserta didik baru (PPDB), sebagian dari mereka terbentur kendala: nomor induk kependudukan (NIK) mereka ditolak oleh portal PPDB Jakarta. Begini solusinya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Dhany Sukma menjelaskan akar masalahnya. Dinas Pendidikan meminta Disdukcapil membatasi NIK warga Jakarta yang bisa ikut mengajukan akun PPDB Jakarta 2020.

Hanya warga Jakarta yang sudah mendapat NIK kartu keluarga (KK) Jakarta sebelum 1 Juni 2019 yang bisa mendaftar sebagai warga DKI Jakarta. Apabila pengaju akun PPDB Jakarta baru mendapat NIK KK Jakarta setelah 1 Juni 2019, yang bersangkutan tidak bisa mendaftar sebagai warga DKI Jakarta.

"Calon pendaftar harus terdaftar sebagai penduduk DKI Paling lambat 1 Juni 2019," kata Dhany Sukma kepada detikcom, Kamis (11/6/2020).

Dia menyebut batasan 1 Juni 2019 itu sebagai peraturan dari Dinas Pendidikan DKI. Dinas Pendidikan sudah meminta Disdukcapil membatasi hal tersebut.

"Untuk pelaksanaan PPDB ini, Dinas pendidikan memohon untuk integrasi dengan data kependudukan per 1 Juni 2019," kata Dhany.

Selanjutnya
Halaman
1 2