Polda Sulsel Resmi Berlakukan Nopol Baru Tiga Huruf untuk Mobil

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 16:38 WIB
Polda Sulsel resmi menerapkan tiga huruf di belakang angka pada pelat nomor (Dok. Istimewa)
Polda Sulsel resmi menerapkan tiga huruf di belakang angka pada pelat nomor (Foto: dok. Istimewa)

"Kami melihat ada peluang penyerapan PNBP dari kegemaran pemilik kendaraan memilih kombinasi nomor dan kode tiga huruf pilihannya, misalnya untuk kode huruf sama dengan nama sapaan akrab pemilik kendaraannya, seperti AAN, IDA, atau MEL," ungkap Yusuf.

Pelat nopol yang baru ini juga akan berubah warna kelir dasarnya dari hitam menjadi putih dan angka/huruf berubah dari putih ke hitam, saat tersorot cahaya blitz kamera ponsel atau CCTV bagian electronic traffic law enforcement (E-TLE) dari kepolisian yang tujuannya memantau pelanggaran lalu lintas.

Selain kebijakan nomor pelat kode tiga huruf belakang, Polda Sulsel juga rencananya akan menggratiskan biaya pengurusan perpanjangan SIM bagi 1.000 warga Sulsel yang tersebar di 24 polres kota/kabupaten, dengan syarat memiliki tanggal lahir 1 Juli atau sesuai dengan Hari Bhayangkara Polri.

"Kebijakan ini dalam rangka HUT Polri atau Hari Bhayangkara 1 Juli, biaya pengurusan ini yang memang seharusnya masuk ke rekening negara, ditanggung sebagian oleh lembaga atau badan usaha mitra Polri," pungkas Yusuf.

Halaman

(mna/jbr)