Kasasi Ditolak, Anggota The Power of Emak-emak Dibui 18 Bulan karena Share Hoax

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 09:54 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Ilustrasi palu hakim. (Ari Saputra/detikcom)

Akibat perbuatannya, Titi harus duduk di kursi pesakitan. Pada 9 Oktober 2019, PN Jakpus menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara kepada Titi karena terbukti secara sah dan meyakinkan, bersalah menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong atau menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

Jaksa mengajukan banding dan meminta Titi dijatuhi 3 tahun penjara. Titi juga mengajukan banding agar hukumannya diringankan.

Harapan Titi dikabulkan Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta. Majelis tinggi menjatuhkan pidana terhadap Titi Setiawati, SH, dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan.

Duduk sebagai ketua majelis, Heru Idiani, dengan anggota M Zubaidi Rahmat dan Sri Andini. Majelis meringankan hukuman dengan pertimbangan Titi sudah berusia 55 tahun.

Atas putusan itu, jaksa dan Titi sama-sama mengajukan kasasi. Apa kata MA?

"Tolak kasasi JPU dan Terdakwa," demikian bunyi amar putusan yang dilansir panitera MA dalam website-nya, Kamis (11/6/2020).

Perkara nomor 1590 K/PID.SUS/2020 diadili oleh ketua majelis Suhadi. Adapun anggota majelis Soesilo dan Desnayeti. Adapun panitera pengganti Dwi Sugiarto.


(asp/mae)