Ada 3 Klaster Pasar di DKI yang Pedagangnya Terpapar Corona

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 21:36 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom

Kasus ke dua terjadi di Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat. Sebanyak sembilan pedagang di Pasar Serdang, Kemayoran positif COVID-19. Status ini diketahui setelah mereka mengikuti rangkaian pemeriksaan mulai dari tes cepat hingga tes swab (swab test) pada pekan lalu bersama Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Jadi 9 orang yang reaktif itu dipastikan positif COVID-19. Dari 180 orang yang menjalani pemeriksaan, 9 orang positif," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Buana, saat ditemui di Puskesmas Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (9/6/2020) seperti dilansir Antara.

Buana mengatakan, 9 pedagang Pasar Serdang Kemayoran cukup patuh mengikuti instruksi dari Puskesmas Kecamatan Kemayoran usai mengetahui kondisi kesehatannya yang terpapar COVID-19. "Mereka, kami minta langsung untuk isolasi mandiri. Mereka cukup patuh," kata Buana.

Kemudian, kasus ketiga terjadi di Pasar Rawa Kerbau, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Dua pedagang dari Pasar Rawa Kerbau, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Hasil itu didasari swab test yang dilakukan petugas puskesmas.

"Hasilnya sudah keluar, dua orang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan swab test," kata Kepala Puskesmas Cempaka Putih, Dicky Alsadik, seperti dilansir Antara, Rabu (10/6).

Swab test dilaksanakan terhadap 50 pedagang di Pasar Rawa Kerbau dari hasil pendataan pihak Kecamatan Cempaka Putih pada pekan lalu.