Rektor UMN Dukung Pelatihan Organisasi & Demokrasi Mahasiswa

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 10:05 WIB
UMN
Foto: UMN
Jakarta -

Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Ninok Lesono, mendukung upaya pelatihan organisasi dan pengenalan prinsip-prinsip demokrasi di UMN. Ia mengapresiasi mahasiswa yang tetap terpanggil untuk aktif dan peduli dalam kepengurusan organisasi, bahkan di situasi pandemi seperti ini. Ninok percaya semangat ini akan menuai manfaat yang besar.

"Bagaimana menyelenggarakan suatu pemilihan yang baik, demokratis itu sendiri. Saya kira itu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (11/6/2020).

Ia yang telah melantik kepengurusan baru Komisi Pemilihan Umum - Panitia Pemilihan Organisasi Mahasiswa (KPU-PPOM) UMN periode 2020-2021, Generasi ke-6 pada (26/5/2020) lalu, berharap para pengurus dapat bertanggung jawab dengan baik dan menghasilkan para pengurus organisasi di masa yang akan datang.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMN, Ika Yanuarti, mengapresiasi optimisme dan antusiasme dalam pelantikan KPU-PPOM UMN yang terselenggara akhir Mei kemarin. Ia berharap proses pemilihan umum periode ini dapat berjalan jujur, adil, dan transparan. Ika juga menekankan upaya meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pemilu UMN.

"Mungkin Anda bisa mengajak melalui bermacam-macam cara untuk rekan-rekan mahasiswa yang lain bisa ikut memberikan suara. Karena yang dipilih adalah representatif atau mewakili mereka (mahasiswa) nanti ketika ingin menyampaikan aspirasinya," ujar Ika.

Adapun Ketua Bawaslu UMN, Arya Wibisono, turut memberi selamat kepada anggota KPU-PPOM UMN 2020-2021. Ia mengingatkan untuk tetap mengedepankan kerja sama karena ada banyak rintangan yang akan dihadapi selama kepengurusan ini.

"Setidaknya jika memang merasa terlalu berat, ingatlah kita di sini bersama-sama untuk mewujudkan satu visi yang sama. Semoga di periode yang baru ini banyak yang menunggu kejutan-kejutan dari kita dan kita akan melalui itu bersama-sama. Saya sebagai Bawaslu, marilah kita bekerja sama untuk mewujudkan pemilu yang lebih baik lagi dari periode sebelumnya," harapnya.

Selain itu, juga ada Ketua DKBM UMN, Yudika Agustine, memberikan selamat dan semangat untuk pengurus KPU-PPOM 2020-2021. Ia mengatakan agar setiap proses yang dilalui anggota KPU-PPOM UMN menjadi pembelajaran untuk mendorong organisator UMN yang baik.

"Tahun ini merupakan tahun yang penuh hal baru. Tetaplah yakin walau dengan kondisi sekarang, kalian akan sukses menciptakan pribadi-pribadi yang dapat beradaptasi bagi siapapun. Saatnya nanti, kalian dapat melihat ke belakang dan kalian akan bangga menjadi bagian dari perubahan dan penerus KPU," ujar Yudika.

KPU-PPOM UMN adalah organisasi yang berfungsi sebagai fasilitator proses regenerasi organisasi di UMN, mulai dari Dewan Keluarga Besar Mahasiswa (DKBM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Himpunan Mahasiswa Fakultas (HMF)/Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Pada tahun ini, KPU-PPOM UMN 2020-2021 memiliki visi menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu) yang independen, profesional, transparan, dan berintegritas. Visi ini bertujuan untuk mewujudkan pemilu di lingkungan kampus yang bersih dan adil.

(ads/ads)