Tak Tersentuh Internet, Guru di Konawe Utara Sultra Datangi Siswa

Sitti Harlina - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 12:08 WIB
Guru SMP Negeri 2 Oheo, Konawe Utara, Sultra, mendatangi siswa.
Foto: Guru SMP Negeri 2 Oheo, Konawe Utara, Sultra, mendatangi siswa. (Sitti-detikcom)
Kendari -

Wabah pandemi belum berakhir. Berbagai upaya dilakukan pemerintah agar segala sesuatu tetap berjalan. Siswa juga tetap melakukan proses pembelajaran melalui daring tanpa tatap muka langsung.

Tapi berbeda dengan siswa SMP Negeri 2 Oheo di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra). Para siswa di sekolah ini tidak dapat belajar melalui online karena terkendala jaringan internet.

Astuti, salah seorang guru SMP Negeri 2 Oheo mengatakan untuk mengatasi agar siswa tetap menerima pelajaran, sehingga gurulah yang mendatangi para siswa.

"Dengan situasi seperti ini pembelajaran itu dilakukan di rumah dimana kalau sekolah-sekolah lain yang mungkin ada jaringan mereka lakukan dengan sistem online tapi karena adanya kendala jaringan sehingga kami para guru yang berinisiatif terjun langsung ke rumah siswa," kata Astuti, Rabu (10/6/2020).

Tonton juga video 'Guru di Mamasa Tembus Medan Berat untuk Mengajar':

Dikatakannya, para guru mendatangi rumah siswa dan membentuk kelompok. Sehingga siswa di SMP Negeri 2 Oheo tidak ketinggalan pelajaran.

"Kita datang berikan materi pelajaran atau hanya sekedar memberikan tugas," imbuhnya.

Meskipun belajar dari rumah, guru-guru ini juga menerapkan protokol kesehatan. Siswa dan guru tetap diwajibkan untuk menggunakan masker.

"Kita batasi, jadi dibagi biasa satu kelompok terdiri dari 3 hingga 5 siswa," pungkasnya.

(idh/idh)