Kemenhub Gaet RS Swasta Tingkatkan Layanan Kesehatan di Pelabuhan Kalsel

Nurcholis Maarif - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 10:12 WIB
Kemenhub
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Marina Permata Batulicin. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pengawasan dan penyediaan layanan kesehatan wilayah pelabuhan di Kalimantan Selatan itu.

Tak terkecuali dalam rangka menanggulangi COVID-19 yang melanda Indonesia dan sesuai arahan Menteri Perhubungan tentang penyelenggara/operator transportasi untuk beradaptasi dengan New Normal.

Kepala KSOP III Kotabaru-Batulicin, Capt. Hermawan mengatakan sebagai instansi negara yang melakukan pengelolaan dan penyelenggaraan di bidang kepelabuhanan dan angkutan laut, pihaknya berkewajiban untuk menyiapkan pelayanan transportasi yang berkesehatan.

"Oleh karenanya, untuk mewujudkan transportasi berkesehatan yang memiliki konsep higienis dan humanis, Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin sepakat menjalin kerja sama dengan RS. Marina Permata di bidang pengawasan dan penyediaan layanan kesehatan khususnya di dalam DLKr dan DLKp," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (10/6/2020).

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama dalam pengawasan dan penyediaan layanan kesehatan meliputi pemberian bantuan pengawasan kesehatan, pemberian layanan kesehatan, dan melakukan tindakan yang berhubungan dengan kesehatan lain.

Selain itu, dalam melaksanakan kegiatan berupa pengawasan, penyediaan layanan kesehatan dan tindakan yang berhubungan dengan kesehatan lain, kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin terlebih dahulu menyampaikan permohonan secara tertulis kepada RS Marina Permata disertai dengan melampirkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan kesehatan dimaksud.

"Setelah permohonan tersebut ditelaah dan dinyatakan diterima, selanjutnya kami akan menerbitkan Surat Kuasa Khusus kepada RS Marina Permata," jelas Hermawan.

Sebagai informasi, perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani langsung oleh Capt. M. Hermawan selaku Kepala Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin dengan dr. Sulaiman Umar selaku Direktur Rumah Sakit Marina Permata Batulicin yang tertuang dalam Perjanjian Kerja sama Nomor: HK.201/01/09/KSOP.KBBL-2020 tanggal 8 Juni 2020.

"Kesepakatan bersama tersebut berlaku selama dua tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan kedua belah pihak," tutupnya.

(akn/ega)