Sempat Viral Penumpang Terobos Petugas, Begini Situasi Stasiun Juanda Pagi Ini

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 07:49 WIB
Situasi Stasiun Juanda Pagi Ini
Situasi Stasiun Juanda pagi ini pukul 07.00 WIB. (Foto: Luqman/detikcom)
Jakarta -

Stasiun Juanda, Jakarta Pusat sempat mengalami lonjakan penumpang kemarin. Imbasnya, sempat terjadi insiden penumpang KRL memaksa menerobos penjagaan petugas, yang kemudian viral di media sosial.

Pagi ini, Stasiun Juanda tampak lengang. Pantauan di lokasi, Selasa (9/6/2020) pukul 07.00 WIB, terlihat tidak ada antrean panjang di bagian loket.

Di stasiun dipasang alat pengecekan suhu menggunakan sensor yang langsung terlihat melalui layar di pintu masuk utara. Pihak stasiun juga menyiapkan pembatas dorong untuk mengatur arus penumpang masuk di pintu masuk utara. Petugas juga terlihat berjaga di tangga turun dari peron 2.

Calon penumpang yang sudah menggunakan masker diminta untuk jaga jarak.

"Tetap jaga jarak aman. Jangan ada penumpukan," kata salah seorang aparat dengan pengeras suara.

Situasi Stasiun Juanda Pagi IniSituasi Stasiun Juanda pagi ini pukul 07.00 WIB. (Foto: Luqman/detikcom)

Sebelumnya, sebuah video calon penumpang membludak di Stasiun Juanda viral. Saking ramainya, petugas tampak kewalahan mengantisipasi calon penumpang yang mengotot ingin masuk ke peron. Petugas tampak berusaha mencegah namun penumpang tetap menerobos penjagaan.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba membenarkan video tersebut terjadi di Stasiun Juanda pada hari ini, Senin (8/6). Dia mengatakan, berdasarkan data per pukul 20.00 WIB kemarin, terjadi lonjakan penumpang KRL dibanding hari-hari kerja pekan lalu. Tercatat ada 287.048 penumpang.

"Jumlah pengguna ini juga telah jauh melebihi rata-rata pengguna di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yaitu 180 ribu hingga 200 ribu pengguna setiap harinya," kata Anne.

(idn/idn)