Ini 136 Kabupaten/Kota Zona Kuning Alias Risiko Rendah Corona Per 8 Juni

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 16:54 WIB
Poster
Gambar ilustrasi, tidak berhubungan dengan berita. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah mengumumkan ada 136 kabupaten/kota yang tergolong sebagai zona kuning, atau wilayah dengan risiko rendah penularan virus Corona. Berikut ini daftarnya.

Pengumuman 136 zona kuning ini disampaikan oleh anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dr Dewi Nur Aisyah, lewat siaran langsung di akun YouTube BNPB Indonesia, Senin (8/6/2020) sore.

"Data tersebut kami update setiap minggunya dan 136 kabupaten/kota ini merupakan kabupaten/kota berisiko rendah per tanggal 7 Juni 2020," kata Dewi.

Dia menjelaskan, data ini bersifat dinamis. Data dapat berubah sewaktu-waktu. Daerah yang saat ini dinyatakan sebagai zona hijau bisa saja berubah menjadi zona kuning. Maka semua warga perlu senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Data COVID-19 bersifat sangat dinamis. Terdapat daerah-daerah yang sebelumnya mungkin tidak terdampak, namun dapat berubah menjadi daerah-daerah dengan risiko rendah. Begitu juga ada daerah dengan risiko rendah dapat berpindah menjadi zona risiko sedang ataupun sebaliknya," tutur Dewi.

Sekadar catatan, di seluruh Indonesia ada 514 kabupaten/kota, terdiri atas 416 kabupaten dan 98 kota. Sebanyak 136 di antaranya kini dinyatakan sebagai zona risiko rendah virus Corona. Berikut ini daftarnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4