Dinyatakan Layak Terbang, Penumpang Ini Positif Corona Saat Tiba di Sumbar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 13:56 WIB
Bandara Internasional Minangkabau
Bandara Internasional Minangkabau. (Dok. Angkasa Pura II)

Kemudian menunjukkan identitas KTP; surat tugas perjalanan dinas bagi ASN, TNI, dan Polri; serta menunjukkan hasil tes uji cepat COVID-19 yang dinyatakan negatif. Berikutnya membuat surat pernyataan di atas meterai dengan diketahui kepala desa atau lurah.

Dia menambahkan calon penumpang sudah harus berada di bandara tiga sampai empat jam sebelum berangkat guna pemeriksaan dokumen.

Saat akan berangkat, penumpang akan menjalani pemeriksaan dokumen tersebut, termasuk mengisi Health Alert Card, kemudian pemeriksaan kesehatan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan dengan menerbitkan surat keterangan kesehatan.

Sebelumnya, seorang perantau asal Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, AS (25), terkonfirmasi positif COVID-19 setelah pulang dari Jakarta menggunakan pesawat terbang.

"Yang bersangkutan pulang sekitar tiga hari yang lalu bersama tunangannya menggunakan pesawat terbang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman Yutiardi Rivai.

Yutiardi mengatakan, ada kemungkinan saat akan naik pesawat di Jakarta, AS mengaku negatif COVID-19 karena sudah menjalani tes cepat tapi yang bersangkutan tidak menunjukkan hasil pemeriksaan tersebut.

Ia menyampaikan, sesampai di Bandara Internasional Minangkabau, swab AS diuji petugas tapi yang bersangkutan harus menunggu hasilnya dan tidak menjalani karantina sehingga bisa pulang ke rumah orang tuanya.

Halaman

(idh/tor)